Puncak Peringatan HKN Ke-54, Dinkes Inhil Gelar Acara Ramah Tamah

Puncak Peringatan HKN Ke-54, Dinkes Inhil Gelar Acara Ramah Tamah
Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Inhil, Zainal Arifin menyerahkan hadiah beserta piala kepada pemenang lomba

TEMBILAHAN - Dinas Kesehatan Kabupaten Inhil menggelar acara ramah tamah pada puncak peringatan Hari Kesehatan Nasional (HKN) Ke-54, Senin (12/11/2018) di halaman Kantor Dinas Kesehatan Kabupaten Inhil, Jalan M Boya, Tembilahan.

HKN Ke-54 tahun 2018 ini mengusung tema 'Ayo Hidup Sehat Mulai Dari Kita'. Acara ramah tamah yang digelar Dinas Kesehatan Kabupaten Inhil diikuti oleh sejumlah tenaga kesehatan se-Kabupaten Inhil, mulai dari Bidan, Dokter, Perawat dan lainnya.

Turut hadir Bupati Kabupaten Inhil, HM Wardan yang diwakili oleh Asisten II (Dua) Sekretariat Daerah Kabupaten Inhil, Afrizal, Kepala Kejaksaan Negeri Inhil, Susilo, tokoh masyarakat Kabupaten Inhil, H Syamsuddin Uti dan sejumlah pejabat eselon di lingkungan Pemerintah Kabupaten Inhil.

Menurut Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Inhil, Zainal Arifin, kegiatan ramah tamah yang digelar Dinas Kesehatan merupakan puncak dari peringatan Hari Kesehatan Nasional Ke-54. Dimana sebelumnya, peringatan Hari Kesehatan Nasional Ke-54 diisi oleh berbagai rangkaian kegiatan perlombaan.

Zainal Arifin menuturkan, pada peringatan Hari Kesehatan Nasional Ke-54 tahun 2018 ini, pihaknya diminta untuk fokus meningkatkan mutu pelayanan yang ada di masyarakat.

"Tentu, pelayanan yang diharapkan adalah yang bekerja dengan hati. Inilah barangkali yang akan kami lakukan, meningkatkan kualitas pelayanan dengan bekerja sepenuh hati," jelas Zainal Arifin di akhir acara.

Berkenaan dengan prasarana pelayanan kesehatan, khususnya terkait kecukupan tenaga kesehatan, Zainal Arifin mengungkapkan, sejauh ini memang masih belum memadai. Namun demikian, dari 27 Puskesmas yang tersebar di Kabupaten Inhil, tidak satupun Puskesmas yang kosong tanpa adanya tenaga kesehatan.

"Alhamdulillah, pada tahun 2018 ini juga, pertama dari 27 Puskesmas terisi dengan Dokter Umum. Meskipun idealnya 2 orang Dokter dalam 1 Puskesmas. Namun, 1 orang Dokter Umum di setiap Puskesmas saat ini diharapkan mampu memberikan pelayanan kepada masyarakat untuk sementara waktu," pungkasnya.

Lebih lanjut, Zainal Arifin mengajak segenap masyarakat Inhil untuk hidup sehat sesuai dengan tema kegiatan yang diusung pada peringatan Hari Kesehatan Nasional Ke-54 tahun 2018.

"Dengan tema yang diangkat ini, kita ingin memasyarakatkan paradigma sehat, yakni mencegah itu lebih baik daripada mengobati. Karena hidup sehat dimulai dari kita, maka itu kita mengimbau masyarakat melakukan kebiasaan-kebiasaan hidup sehat," terang Zainal Arifin.

Sementara itu, Asisten II Sekretariat Daerah Kabupaten Inhil, Afrizal yang hadir mewakili Bupati Kabupaten Inhil, HM Wardan mengatakan, Pemerintah Kabupaten Inhil saat ini juga memprioritaskan anggaran kegiatan di bidang kesehatan, baik untuk sarana dan prasarana, Kesehatan Masyarakat maupun sumber daya manusia tenaga kesehatan.

"Sumber daya nanusia tenaga kesehatan ini seperti peningkatan jenjang kompetensi Dokter Umum menjadi Dokter Spesialis, Perawat yang dulu belum sarjana sekaramg harus meningkatkan jenjang pendidikannya," pungkas Afrizal.

Afrizal berharap, agar prioritas terhadap bidang kesehatan dapat terus dilakukan oleh Pemerintah Kabupaten Inhil sehingga pelayanan kesehatan bagi masyarakat dapat pula terus meningkat.

"Tidak hanya itu, dukungan pendanaan Pemerintah Kabupaten Inhil dalam penyelenggaraan pembiayaan BPJS juga kita harapkan dapat terus berjalan kedepannya," kata Afrizal.

Selanjutnya, Afrizal mengapresiasi kegiatan ramah tamah yang digelar Dinas Kesehatan dalam rangka memperingati Hari Kesehatan Nasional Ke-54 tahun 2018 ini.

Dia menilai kegiatan tersebut sebagai sebuah kegiatan positif yang dapat mempererat tali silahturrahmi antar insan kesehatan dan instansi yang bergerak di bidang kesehatan.

"Instansi yang bergerak di bidang kesehatan ini kan bukan hanya Puskesmas, tapi juga ada instansi lain seperti BPOM, Kantor Kesehatan, Rumah Sakit Umum dan sebagainya. Pada kegiatan ini semua instansi itu berkumpul untuk saling bersilahturrahmi dan memotivasi," tandas Afrizal.

Untuk diketahui, pada puncak peringatan Hari Kesehatan Nasional Ke-54 tahun 2018, Dinas Kesehatan Kabupaten Inhil juga menyalurkan bantuan 10 unit Ambulans Air kepada 10 Puskesmas Pembantu yang tersebar di Kabupaten Inhil.

Disamping itu, dilakukan pula penyerahan hadiah beserta piala kepada para pemenang lomba yang merupakan bagian dari rangkaian kegiatan peringatan Hari Kesehatan Nasional Ke-54 oleh Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Inhil, Zainal Arifin. (Dex)

Berita Lainnya

Index