• Follow Us On : 

IPAL di Buluh Kasap Ditargetkan Selesai Akhir Januari 2020


Redaksi | Rabu,22 Januari 2020 - 15:20:13 WIB
Dibaca: 1003 kali 
IPAL di Buluh Kasap Ditargetkan Selesai Akhir Januari 2020

DUMAI - Pembangunan instalasi pengolahan air limbah rumah tangga atau sanitasi masyarakat (Sanimas) oleh Dinas Perumahan dan Permukiman Kota Dumai di Kelurahan Buluh Kasap senilai kurang lebih Rp424 juta dikerjakan tanpa papan proyek, ditarget Tahun 2020 ini tersambung ke 17 rumah tangga, dan pekerjaan sudah terealisasi 65 persen.

Menurut tenaga pendamping Dewi Feriana Purba bahwa tidak ada papan nama proyek yang memuat volume, masa kerja, perusahaan pelaksana serta lain nya tidak harus terpasang karena kegiatan fisik tersebut program sanitasi dan melibatkan kelompok swadaya masyarakat secara swakelola.

"Kalau ini kan program swakelola dan dikerjakan swadaya masyarakat, jadi tidak perlu pasang papan proyek, dan pembangunan dijalankan sesuai tahap penyaluran dana, sekarang ini sudah berjalan tahap kedua dengan target 70 persen," kata Dewi kepada wartawan, Selasa (21/1/2020).

Pembuatan sanitasi program Dinas Perkim ini dikerjakan oleh Kelompok Swadaya Masyarakat Sejahtera Bersama Kelurahan Buluh Kasap didampingi tim pendamping. Pembuatan sanitasi ini sudah disosialisasikan ke warga setempat dan ketua rukun tetangga.

Pekerjaan diawali tahap pertama pembangunan bak kedalaman 2,5 meter dari permukaan tanah dengan 25 persen anggaran pada Oktober 2019, dilanjut tahap dua melalui 45 persen pembangunan instalasi perpipaan sambungan ke rumah hingga 31 Januari 2020.

"Sesuai hasil musyawarah dan kesepakatan bersama, maka program sanitasi terletak di lahan Pemko Dumai, penggunaan lahan ini juga atas izin Walikota Dumai. Pekerjaan hingga tahap dua ini ditargetkan dan harus selesai akhir bulan ini yaitu 31 Januari 2020," ungkapnya.

Program sanitasi ini bisa dimanfaatkan pada saat pengerjaan telah selesai dikerjakan dan dilakukan serah terima kepada perkim. Namun Dewi tidak dapat memastikan kapan jadwal serah terima hasil pengerjaan program sanitasi tersebut.

Lurah Buluh Kasap Ganda Prawiranata meminta pelaksana kegiatan fisik yang melibatkan kelompok swadaya masyarakat ini agar dikerjakan sesuai aturan dan tepat waktu karena sangat dibutuhkan masyarakat.

"Saya berharap program ini cepat selesai dan dikerjakan sesuai aturan, agar segera bisa terealisasi dan dirasakan manfaatnya oleh penerima manfaat." ungkap Ganda.

Selain itu, Ganda juga meminta masyarakat untuk menjaga dan merawat bangunan instalasi pengolahan air limbah yang telah dibangun tersebut dengan baik.

"Mari sama-sama kita jaga dan rawat IPAL tersebut, mengingat program tersebut sangat sulit untuk didapat, semua itu demi kebaikan kita bersama," ucap Ganda mengakhiri.*** (isk)


Akses Wahanariau.com Via Mobile m.Wahanariau.com
Untuk Berbagi Berita / Informasi / Peristiwa
Silahkan SMS ke nomor HP : 085271472010
atau email ke alamat : [email protected]
Harap camtumkan detail data diri Anda
Pengutipan Berita dan Foto, Cantumkan Wahanariau.com Sebagai Sumber Tanpa Penyingkatan
TULIS KOMENTAR
BERITA TERKAIT
Sabtu,07 Januari 2017

Meski Miliki Dokumen Resmi, Pengusaha Galangan Kapal ini Dipalak Oknum

BAGANSIAPIAPI (WAHANARIAU) - Ah Han, pengusaha galangan kapal di Bagansiapiapi, Rokan Hilir, Provins

BERITA LAINNYA
Rabu,23 September 2020

PUPR Dumai Usulkan Anggaran Normalisasi Drainase Rp7 Miliar Atasi Banjir Rob

DUMAI -Dinas Pekerjaan Umum Penataan Ruang Kota Dumai kembali usulkan kegiatan pengendalian banjir s

Rabu,23 September 2020
PILKADA DUMAI

IKTAB Dumai Rapatkan Barisan Menangkan Paisal-Amris

DUMAI – Tekad ingin menangkan Paisal Amris pada Pemilihan Walikota(Pilwako) Dumai 2020 menjadi

Rabu,23 September 2020
PILKADA DUMAI

Pelko Dumai Sepakat Dukung Paisal Amris

DUMAI – Warga Dumai dari Persatuan 50 Kota (Pelko) Payakumbuh sepakat mendukung dan memenangka

BERGABUNG DI SINI
KABAR POPULER
IKUTI BERITA KAMI