HWK Sumbar Akan Tampil Pada Event Mahakarya Randai Wee Sipono di Jakarta

HWK Sumbar Akan Tampil Pada Event Mahakarya Randai Wee Sipono di Jakarta

PADANG - Himpunan Wanita Karya (HWK) Sumatera Barat (Sumbar) akan ikut ambil peran di event Mahakarya Randai We'e Sipono yang akan dilaksanakan oleh DPP HWK di Pusat Perfilman H. Usmar Ismail, Kuningan, Jakarta Selatan, pada 7 Maret 2020 mendatang.

Ketua HWK Sumbar yang juga Peneliti Sejarah dari Balai Pelestarian Nilai Budaya (BPNB) Sumbar, Dra. Zusneli Zubir, MHum, akan ikut jadi salah seorang narasumber pada talkshow-nya, saat dikonfirmasi mengatakan Event Mahakarya Randai We'e Sipono berisi berbagai rangkaian acara.

“Ada drama musikal, talkshow, pameran, fashion show, dan lainnya. HWK dan BPNB Sumbar ikut mendukung penyelenggaraannya dengan menjadi narasumber, mengisi pameran, fashion show pakaian tradisional Minangkabau, dan lainnya. HWK Sumbar akan ramai-ramai berangkat ke Jakarta untuk mengikuti acara tersebut.” kata Zusneli, Sabtu (15/2/2020).

HWK Sumbar akan mengenalkan pakaian tradisi Minangkabau di tingkat nasional. Selain itu untuk menjaga kelestariannya, agar para perempuan Minang di perantauan makin tahu pakaian Minang yang sejati, sehingga tidak terjadi kesalahan dalam penerapan nilai-nilai kesopanan yang sejalan dengan ajaran Islam saat mengenakannya.

Rencana keikutsertaan DPD HWK Sumbar di event Mahakarya Randai We’e Sipono jadi salah satu pembahasan saat digelarnya Rapat Kerja Daerah (Rakerda) HWK Sumbar pada hari Minggu (9/2/2020) di Ruangan Multimedia Gedung SMA Adabiah, Padang.

Rakerda dihadiri oleh 50 peserta, dari pengurus DPD HWK Sumbar, dan para pengurus HWK pada kabupaten dan kota di Sumatera Barat.

Ketua DPP HWK Bidang Seni Budaya, dan Dewan Kebijakan HWK Sumbar, Hj. Dra. Sastri Yunizarti Bakry, Akt, MSi, CIA, saat membuka Rakerda mengatakan, Mahakarya Randai We’e Sipono mengangkat kisah perjuangan Syekh Burhanuddin saat menyebarkan ajaran Islam di Sumatra Barat.

Ada tiga daerah yang melatari kisahnya diantaranya Pariaman, Tanah Datar, dan Aceh Singkil. Drama musikal ini akan melibatkan puluhan aktor dan aktris nasional di Tanahair.

Mulai tahun 2020 ini HWK juga akan menerapkan program HWK Mandiri, HWK Kemitraan, dan HWK Partisipasi.

"Kita mengharapkan melalui program inklusif ini akan membuat eksistensi HWK makin dapat memberi andil pada pemberdayaan perempuan dan pembinaan generasimuda, sebagai bentuk pengabdian pada bangsa dan negara,” kata Sastri Bakry.

[Dilaporkan oleh Muhammad Fadhli]

Berita Lainnya

Index