Satu PDP Meninggal di Dumai Dinyatakan Negatif Covid-19

Satu PDP Meninggal di Dumai Dinyatakan Negatif Covid-19

DUMAI - Pasien Dalam Pengawasan (PDP) Coronavirus Disease (Covid-19) di Kota Dumai yang meninggal beberapa waktu lalu dinyatakan negatif berdasarkan hasil tes swab oleh Balai Teknik Kesehatan Lingkungan (BTKL) Badan Penelitian dan Pengembangan Kesehatan (Litbangkes) Kementerian Kesehatan Jakarta.

Hal ini disampaikan Walikota Dumai Drs H Zulkifli AS MSi saat menggelar konferensi pers di Posko Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kota Dumai. Kamis (16/4/2020).

Pasien Dalam Pengawasan (PDP) di Kota Dumai yang meninggal dunia atas nama Rosma Winar (88) warga Jalan Tunas Mulia, Kelurahan Bukit Datuk, Kecamatan Dumai Selatan.

"Atas izin keluarga, maka kami umumkan yang bersangkutan dinyatakan negatif berdasarkan hasil tes swab BTKL Litbangkes. Dengan demikian dapat dikatakan bahwa beliau meninggal dengan penyakit dasar yaitu penyakit jantung," kata Walikota Dumai.

Lebih lanjut, sampai saat ini Pemko Dumai telah melakukan rapid tes sebanyak 618 orang, dengan hasil 15 orang dinyatakan positif. Mereka saat ini sudah diisolasi sesuai Standar Operasional Prosedur (SOP) atau Prosedur Tetap (Protap).

Walikota mengimbau masyarakat untuk jujur dalam memberikan keterangan terkait riwayat perjalanan. Selain itu juga diminta untuk patuh melaksanakan isolasi diri secara mandiri bagi Orang Dalam Pemantauan (ODP).

"Pada saat ini kita tengah berjuang bersama untuk memerangi Covid-19, maka kami sangat membutuhkan dukungan dari segenap masyarakat. Diharapkan kepada masyarakat untuk mematuhi arahan pemerintah, selalu menggunakan masker, selalu di rumah, hindari kerumunan, jaga jarak, selalu cuci tangan," katanya.

Untuk diketahui, sampai saat ini Pemko Dumai telah melakukan rapid tes sebanyak 618 orang, dengan hasil 15 orang dinyatakan positif. Mereka saat ini sudah diisolasi sesuai Standar Operasional Prosedur (SOP) atau Prosedur Tetap (Protap).

Menurut data dirangkum dari Gugus Tugas Percepatan Penanggulangan Covid-19 Kota Dumai Kamis (16/4/2020) pukul 22.00 Wib, jumlah keseluruhan ODP sebanyak 961 orang, dari jumlah ini sebanyak 340 orang selesai pemantauan, dan 621 orang masih dalam pemantauan.

Total Pasien Dalam Pengawasan (PDP) sebanyak 35 orang, dari jumlah ini sebanyak 21 orang sedang dirawat, 2 orang meninggal dan 12 orang dinyatakan sembuh. Sedangkan positif Covid-19 menjadi 3 orang yang dikonfirmasi dan sedang dirawat di Rumah Sakit Rujukan Covid-19 Kota Dumai.***

#Virus Corona

Index

Berita Lainnya

Index