HIPMI Inhil Dukung Hibah Pelabuhan Parit 21

HIPMI Inhil Dukung Hibah Pelabuhan Parit 21

TEMBILAHAN - Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (HIPMI) Kabupaten Indragiri Hilir (Inhil) menyambut baik kabar penyerahan sepenuhnya aset Pelabuhan Parit 21 Tembilahan oleh Pemerintah Provinsi Riau kepada Pemerintah Kabupaten Inhil.

Seperti diketahui selama ini status pelabuhan yang sejak lama belum difungsikan tersebut merupakan Asset Pemprov Riau dari sisi laut nya, dengan adanya hibah tersebut kini status Pelabuhan Parit 21 sepenuhnya milik Pemkab Inhil.

"Kita sangat menyambut baik kabar ini, harapanya pelabuhan tersebut segera difungsikan. Dunia usaha di Inhil harus didukung sektor pelabuhan yang mempuni," ujar Bendahara HIPMI Inhil, Abdul Aziz Latini, Rabu (17/06/2020).

Aziz yang juga digadang-gadangkan akan memimpin HIPMI Inhil tersebut menambahkan keberadaan pelabuhan sangat penting dalam menggenjot roda perkonomian kawasan pesisir.

"Menurut saya berkembang pesatnya satu daerah salah satu faktor di dukung dari sektor kepelabuhan, kita liat salah satunya kota dumai, palembang dan belawan," kata Aziz yang juga pengurus di DPC INSA/ISAA Indragiri yang merupakan asosiasi pengusaha pelayaran di Inhil dan Inhu.

Aziz mengatakan HIPMI sebagai wadah para pengusaha muda siap bersinergi dengan Pemda Inhil atau melalui PT KIG dalam rangka pengoperasian pelabuhan Parit 21 Tembilahan.

"Dengan beroperasinya pelabuhan parit 21 jelas ada PAD untuk Pemkab Inhil jika di kelola dengan baik, selanjutnya juga bisa menjadi check point jadi kita tau jumlah kelapa yang di export melalui pelabuhan tembilahan setiap bulannya," jelas Aziz.

Pelaku-pelaku usaha di Kabupaten Inhil sangat memungkinkan menggunakan gudang Parit 21 Tembilahan untuk penumpukan barang yang di import dari dan keluar negeri. Ini tentunya akan ada pendapatan lagi bagi PT KIG penyewaan gudangnya.

Sebagai langkah kongkrit, Aziz mengatakan HIPMI Inhil juga bersedia membantu PT KIG menyediakan kapal untuk uji coba sandar perdana di pelabuhan Parit 21 Tembilahan jika telah di operasikan.

"HIPMI Inhil kapan saja diperlukan PT KIG selalu siap sedia, ini untuk kemajuan daerah Kabupaten Indragiri Hilir yang sama-sama kita cintai ini," pungkas Aziz. (*)

#Pemkab Inhil

Index

Berita Lainnya

Index