Tren Penularan Covid-19 di Riau Menurun

Tren Penularan Covid-19 di Riau Menurun

PEKANBARU - Beberapa hari belakangan ini tren perkembangan virus corona atau Covid-19 di Provinsi Riau mulai menunjukan penurunan jika dibandingkan sebelumnya. Hanya saja untuk jumlah pasien positif maupun pasien dalam pemantauan (PDP) serta Orang Dalam Pemantauan (ODP).

Sesuai update tim gugus tugas Covid-19 Riau, Selasa (7/7/2020), di Riau Kembali ada penahanan pasien positif sebanyak 1 orang dengan total akhir menjadi 236 kasus, 11 dirawat, 214 sehat dan sudah dipulangkan, dan 11 meninggal dunia.

Menurut kepala Diskes Riau Mimi Yuliani Nazir pada kompresi Pers Selasa (7/7/2020). Adapun pasien positif tersebut adalah pasien 236 berinisial AN (8) berjenis kelamin laki-laki yang merupakan warga Kabupaten Kuantan
Singingi. An. AN (8) merupakan hasil tracing dan kontak erat (Teman) dari pasien positif covid-19 kasus ke 230 An. NA (9).

Sedangkan untuk penambahan 2 pasien covid-19 yang dinyatakan sembuh, yaitu, Tn. AP (23) yang merupakan warga Kota Pekanbaru dan Tn. WR (25) yang merupakan warga Kota Pekanbaru.

"Sampai hari ini, Laboratorium Biomolekuler RSUD Arifin Achmad telah memeriksa 13.041 spesimen. Dan diharapkan kedepan tidak ada lagi penambahan pasien yang terkonfirmasi positif," katanya.

Sedangkan terkait PDP, sampai saat ini juga ada penambahan, dimana saat ini jumlah PDP di Riau berjumlah 2.211 orang. Masih dirawat berjumlah 49 pasien, PDP negatif covid-19 dan dipulangkan berjumlah 1.969 orang, dan meninggal dunia berjumlah 193 orang.

"Sedangkan untuk ODP dalam pemantauan berjumlah 4.818 orang, ODP sudah selesai pemantauan berjumlah 76.936 orang," ujarnya.

Meskipun PSBB sudah berakhir dan pemerintah menerapkan new normal (adaptasi kehidupan baru) menuju masyarakat yang produktif dan aman dengan tujuan mempercepat penanganan covid-19 dalam aspek kesehatan dan social ekonomi, masyarakat dihimbau untuk tetap menerapkan protokol kesehatan. Yaitu Pakai masker bila keluar rumah dan di tempat kerja. Selalu Menjaga jarak (Physical Distancing). Sering mencuci tangan pakai sabun.

"Tetap menjaga kewaspadaan walaupun tidak sakit, belum tentu orang yang kita temui itu negatif covid-19 dan tidak menyebarkan virusnya. Maka pilihan yang terbaik adalah tetap di rumah dan hindari keramaian serta jaga pola hidup sehat dan makan buah dan sayuran," tuturnya. [Mediacenterriau]

#Virus Corona

Index

Berita Lainnya

Index