LP3M : Penyaluran BST Melalui PT Pos Indonesia Dinilai Sangat Tepat

LP3M : Penyaluran BST Melalui PT Pos Indonesia Dinilai Sangat Tepat

PEKANBARU - Lembaga Pelatihan Penelitian dan Pemberdayaan Masyarakat (LP3M) taja webinar dengan tema Tantangan dan Manfaat Penyaluran Bantuan Sosial Tunai Bagi Masyarakat Terdampak Covid-19". Kamis (16/7/2020).

Acara webinar tersebut digelar untuk mengetahui sejauh mana proses pendistribusian Bantuan Sosial Tunai (BST) hingga sampai pada penerima manfaat

Tampak hadir dalam Webinar yang dipandu oleh Tata Haira SH, MH tersebut Kepala Kantor Pos Pekanbaru, Aswin Marzuki, Kepala Dinas Sosial Kabupaten Bengkalis, Hj. Martini, MH, Pengamat dan Dosen Program study Ilmu Komunikasi Universitas Abdurrab Pekanbaru, Muhammad Arif, S.IP M.IK dan Direktur LP3M, Muammar Alkadafi S.Sos, M.Si.

Muammar dalam paparannya mengatakan bahwa penyaluran BST Kemensos lewat PT. Pos sudah sangat tepat. Karena PT Pos memiliki sumber daya untuk melakukan penyaluran tersebut dengan tepat sasaran.

"Hasil observasi LP3M yang kita lakukan dibeberapa wilayah penyaluran hampir dirasakan tidak terjadi masalah, hingga daerah terpencil pun pos dilihat mampu mengantarkan BST tersebut hingga ketangan penerima tanpa adanya pemotongan sedikitpun," tegasnya.

Kadis Sosial Kabupaten Bengkalis dalam paparannya mengatakan bahwa hingga hari ini penyaluran BST tidak banyak terjadi kendala, walaupun masih ada kekurangan tetapi masih bisa di atasi.

"Persoalan data menjadi hal utama yang perlu dibenahi, karena yang turun ke masyarakat hingga hari banyak apa lagi dalam kondisi Covid-19. Ada BST Provinsi, kabupaten, desa dan PKH. Setiap warga penerima tidak boleh menerima lebih dari pada satu bantuan," paparanya.

Aswin Marzuki selaku Kepala Kantor Pos Pekanbaru mengatakan bahwa dalam menyalurkan BST dengan tiga cara yaitu outlet di kantor Pos, komunitas komunitas dan mengantar langsung kepada si penerima BST atau Keluarga Penerima Manfaat (KPM)

"PT Pos dalam rangka penyaluran tetap mengedepankan protokol Covid-19, karena dalam masa pandemi ini hal tersebut menjadi tantangan tersendiri. Dimana kita diharuskan mengumpulkan orang untuk membagikan BST," ujarnya.

Muhammad Arif, S.IP M.IK Pengamat dan Dosen Program study Ilmu Komunikasi Universitas Abdurrab Pekanbaru memaparkan bahwa BST sangat diperlukan oleh masyarakat apalagi dalam kondisi Pandemi Covid-19 ini.

"Disaat masyarakat ekonominya terganggu sudah sepatutnya negara hadir dalam membantu dan meringankan beban rakyatnya, salah satunya dengan BST yang disalurkan oleh Kementrian sosial ini. Tentu BST Kemensos ini sangat bermanfaat bagi masyarakat khususnya disaat pandemi Covid 19 ini," paparnya.

Berita Lainnya

Index