Satgas Covid-19 Dumai Minta Tegakkan Prokes Saat Resepsi Pernikahan

Satgas Covid-19 Dumai Minta Tegakkan Prokes Saat Resepsi Pernikahan

DUMAI - Walikota Dumai Zulkifli AS meminta tim Satgas Penanganan Covid-19 untuk terus siaga dan bekerja keras dalam penegakan protokol kesehatan di tengah masyarakat, terutama saat resepsi pernikahan di rumah.

Satgas Covid-19 Dumai mengevaluasi pelaksanaan protokol kesehatan pada kegiatan resepsi pernikahan, karena banyak ditemukan masyarakat masih enggan dan tidak peduli terhadap pelaksanaan prokes tersebut.

"Apresiasi kepada seluruh Tim Satgas Covid-19 Kota Dumai yang telah bekerja sesuai dengan tugas masing-masing, namun tetap kita jangan lengah dan siap siaga untuk terus menegakkan protokol kesehatan," kata Walikota Zulkifli, Jumat (6/11/2020).

Dijelaskan, pihak kantor urusan agama (KUA) bersama pemerintah kecamatan dan kepolisian punya peranan penting untuk memastikan calon pengantin dan pihak keluarga menerapkan prokes dengan menandatangani surat pernyataan, bahwa jika kedapatan melanggar akan dikenakan sanksi.

Selain itu, dalam pelaksanaan resepsi di gedung dan hotel juga jangan lengah dalam menerapkan protokol kesehatan, semua harus memperhatikan situasi agar tetap aman dan terkendali sehingga bisa memutus rantai penyebaran Covid-19 di Kota Dumai.

"Kepada camat, danramil, dan kapolsek untuk dapat bersama-sama mengontrol pelaksanaan resepsi pernikahan, dengan protokol kesehatan yang ketat dan merata di semua tempat," harap kepala daerah.

Data perkembangan Covid-19 Kota Dumai pada Rabu 4 November 2020, terdapat penambahan 12 kasus positif, dengan 4 pasien dirawat di RS dan 8 menjalani isolasi mandiri serta pasien dinyatakan selesai isolasi dan sembuh sebanyak 11 kasus.

Sehingga total akumulasi kasus Covid-19 tercatat sebanyak 1.258 kasus positif dengan rincian 872 sembuh, 361 orang dalam perawatan (319 orang isolasi mandiri, 42 orang rawat di RS) dan 25 meninggal dunia.

Tim Satgas Covid-19 Dumai mengimbau bahwa keberhasilan dalam menekan penyebaran virus corona dan menghentikan jumlah kematian ada di tangan semua pihak, asal dengan bergotong royong dan aktif menerapkan 4M, yaitu mencuci tangan pakai air sabun, memakai masker, menjaga jarak dan menghindari kerumunan.

Seperti diketahui, jumlah kasus Covid-19 saat ini masih tinggi. Untuk itu, cara yang paling efektif dilakukan untuk mencegah penularan yaitu dengan mematuhi protokol kesehatan dan selalu melakukan 4M diantaranya Memakai Masker, Menjaga Jarak dan Menjauhi kerumunan serta Mencuci Tangan Pakai Sabun. Dengan melaksanakan kebiasaan 4M, kita turut berpartisipasi dalam memutus mata rantai penyebaran Covid-19.

#satgascovid19
#ingatpesanibu
#ingatpesanibupakaimasker
#ingatpesanibujagajarak
#ingatpesanibucucitangan
#pakaimasker
#jagajarak
#jagajarakhindarikerumunan
#cucitangan
#cucitangandengansabun

#Virus Corona

Index

Berita Lainnya

Index