Pembangunan Dua Tangki PT KLK Dumai Diduga Tak Kantongi Izin

Pembangunan Dua Tangki PT KLK Dumai Diduga Tak Kantongi Izin
Foto : Sorotlensa

DUMAI - Rencana proyek penambahan dua tangki PT Kuala Lumpur Kepong di Kota Dumai diduga tidak mengantongi izin lingkungan, dan dinas lingkungan hidup setempat sudah memperingati perusahaan untuk mengurus perubahan perizinan.

Plt Kepala Dinas LH Dumai Adyan Bangga Pranata Harahap diwakili Kepala Bidang IV Anton Budi Dharma mengatakan, perusahaan asing asal Malaysia ini sudah diberi waktu 90 hari untuk melengkapi izin pembangunan tangki baru, namun hingga batas terakhir hingga Mei 2021 belum mengantongi izin.

"Sejauh ini mereka belum menyelesaikan perubahan izin, dan surat perusahaan minta penambahan waktu penyusunan dokumen lingkungan tidak kita tanggapi," kata Anton didampingi Kabid III Afdal Syamsir kepada pers Selasa (6/7/2021).

Dijelaskan, PT KLK berlokasi di Kawasan PT Pelindo I Cabang Dumai Jalan Datuk Laksamana ini dinilai tidak patuh aturan, karena untuk membangun tangki tidak membuat laporan, dan terpaksa dilakukan inspeksi mendadak ke pabrik.

Diakui Anton, sidak dilakukan setelah DLH terima laporan masyarakat, dan dalam rangka menjalankan fungsi pengawasan terhadap dokumen lingkungan perusahaan beroperasi di Dumai.

"Bangun tangki menyalahi aturan karena mereka harus mengubah izin lingkungan, setelah itu baru bisa mengurus izin mendirikan bangunan," ungkap Anton.

Perwakilan PT KLK Dumai Novri dikonfirmasi wartawan menyebut bahwa berkaitan dengan izin tersebut mengarahkan ke bagian perizinan Dumai, dan membantah telah menyurati DLH Dumai terkait permintaan penambahan waktu penyusunan dokumen lingkungan.

"Mohon maaf ya Pak.. terkait ini memang bagian saya.. Saya paham sekali bagian ini.. Tidak pernah KLK menyurati seperti ini.. Saya akan teruskan ke kuasa hukum kita untuk cari tau informasi ini dari mana," kata Novri melalui pesan Whatsapp.

Novri juga membantah tidak pernah perusahaan meminta masa tenggang, dan mengaku baru mendengar perihal tersebut, dan meminta wartawan melakukan konfirmasi ulang ke DLH. *** (tim)

#DLH Dumai

Index

Berita Lainnya

Index