Sepakat...!!! SMKN 1 Dumai - UP2K MoU, PT Ivo Mas Tunggal : Kami Siap Support Marketing dan Teknologi

Sepakat...!!! SMKN 1 Dumai - UP2K MoU, PT Ivo Mas Tunggal : Kami Siap Support Marketing dan Teknologi

DUMAI - Adalah kelompok Usaha Peningkatan Pendapatan Keluarga (UP2K) Cempaka di Kelurahan Lubuk Gaung Kecamatan Sungai Sembilan Kota Dumai merupakan unit usaha UKM  legal di bawah naungan Ikatan Wanita Pengusaha Indonesia (Iwapi) Sungai Sembilan, yang menghasilkan produk makanan ringan, cemilan, kerajinan tangan, busana dan lain sebagainya. Saat ini UP2K di ketuai Marlinda.

Di lain tempat, SMKN 1 Purnama Kecamatan Dumai Barat, miliki program "SMK Membangun Desa". Program berisi, peningkatan keahlian tata boga, tata busana dan digital marketing. Selain itu, SMKN juga miliki plaza sekolah, tempat tuk memajang dan perjualkan berbagai produk. Ada cukup ruangan yang masih bisa di maksimalkan penggunaannya.

Sekelurahan dengan UP2K, perusahaan PT Ivo Mas Tunggal sebagai pengolah CPO di RT 12 Lubuk Gaung juga miliki koperasi, sebagai wadah bagi karyawannya tuk berbelanja berbagai kebutuhan.

Kolaborasi dari ketiga organisasi ini menghasilkan kesepakatan yang menguntungkan semua pihak. Simbiosis Mutualisme jadi pedoman ketiga pihak.

Berangkat dari hal tersebut, Jumat (26/8/2022) siang, ketiga institusi bertemu dan berkumpul di ruang pertemuan Kantor Kelurahan Lubuk Gaung, dan tandatangani MoU.

Dalam MoU, pihak UP2K akan mensuplai hasil karyanya ke SMKN 1 dan di pajang serta di pasarkan di plaza sekolah. Sebaliknya, sekolah akan berikan pelatihan terhadap anggota UP2K. Demikian pula UP2K terhadap Ivo Mas Tunggal. Produk UP2K akan masuk dan siap di pasarkan lewat koperasi karyawan.

"UP2K telah miliki payung hukum, unit usahanya legal. Produk makanan minuman yang di hasilkan terjamin sanitasi dan  kebersihannya. Jadi siswa yang akan belanja makanan minuman terjamin kebersihannya. Plaza sekolah siap bantu pasarkan produk, baik tuk siswa maupun tuk umum," ungkap Drs Dian Dini, Kepsek SMKN 1, saat di tanya alasan pertimbangan memilih UP2K sebagai mitranya.

"Dengan lakukan MoU bersama sekolah, kami ada peluang pasarkan produk," ungkap ketua UP2K, Marlinda.

"Sebelumnya, Ivo Mas Tunggal sudah MoU dengan sekolah. Karena sekolah punya program membangun UKM, maka kamipun mendampingi sekolah lakukan MoU," jawab Humas Ivo Mas Tunggal, Rheo Sapiris Tumanggor.

Lagi terangkannya, Ivo Mas akan siap bantu para pelaku UKM, baik pemasaran lewat koperasi, maupun sediakan peralatan bagi para anggota UKM. Dengan produk terjangkau, karyawan Ivo Mas bisa mendapat harga lebih miring di banding pasaran.

"Lewat CSR, Ivo Mas Tunggal akan bantu sediakan pelatihan dan peralatan/teknologi standar UKM bagi anggota UP2K," lagi jawab Rheo Sapiris Tumanggor.

"UP2K sebagai wadah di bawah Iwapi. Tentu kami sangat senang UP2K mendapat support dari sekolah dan perusahaan. Rencana besarnya, kami Iwapi siap bantu urus legalitas UP2K di semua kelurahan yang ada di Dumai. Bahkan Iwapi siap bantu pasarkan produk UP2K hingga tingkat Provinsi dan Nasional," tutup Ketua Iwapi Sungai Sembilan, Julia Sinaga, S.Pd.

Tampak hadir saat MoU, Sekretaris Kelurahan, RT 12 Idris, beberapa guru SMKN, anggota UP2K dan anggota Iwapi. (es)

Berita Lainnya

Index