Profil 5 Polisi yang Raih Penghargaan Hoegeng Awards 2023

Profil 5 Polisi yang Raih Penghargaan Hoegeng Awards 2023
dok detik.com

JAKARTA - Sebanyak 5 Polisi Raih penghargaan Hoegeng Awards 2023, diantaranya ada Polisi Berdedikasi: Brigadir Fitriani Maisyarah, Polisi Inovatif: Kombes Kusworo Wibowo, Polisi Pelindung Perempuan dan Anak: AKP Yuni Utami, Polisi Tapal Batas dan Pedalaman: AKP Ma'ruf Suroto, Polisi Berintegritas: Kombes Darmanto.

Dikutip dari detik.com, berikut Profil ke 5 Polisi tersebut;

1.Polisi Berdedikasi: Brigadir Fitriani Maisyarah

Brigadir Fitriani Maisyarah selaku Bhabinkamtibas Desa Haringen, Barito Timur, Kalimantan Tengah, diusulkan masyarakat dalam Hoegeng Awards 2023 kategori Polisi Berdedikasi. Menurut warga, peran Polwan yang satu ini begitu vital untuk penanganan kebakaran hutan di Desa Haringen. Aksi dan program Brigadir Fitriani sebagai Bhabinkamtibmas di desa tersebut dinilai bisa menekan angka kebakaran hutan.

Brigadir Fitriani memiliki beberapa cara untuk bisa menekan angka kebakaran hutan di Desa Haringen. Pertama, ia mengumpulkan masyarakat, khususnya para pemilik lahan hutan atau perkebunan, untuk sosialisasi mengenai bahaya kebakaran hutan. Dampak dari pendekatan itu, masyarakat pemilik lahan yang terpaksa membakar hutan untuk membuka lahan akan berkoordinasi dulu ke Brigadir Fitriani dan perangkat desa setempat untuk dilakukan pendampingan agar mencegah perluasan titik api.

Cara kedua adalah Brigadir Fitriani membuat kendaraan (sepeda motor) modifikasi yang bisa menjangkau hingga ke tengah hutan. Kendaraan itu diciptakannya saat mengikuti perlombaan cipta inovasi dari Polda Kalteng. Motor modifikasi Brigadir Fitriani ini dipasang alat untuk semacam menyedot air lengkap dengan selangnya yang akan digunakan untuk memadamkan api.

Tak hanya itu, Brigadir Fitriani dikenal sebagai Polwan yang cepat tanggap atas aduan masyarakat. Dia juga peduli terhadap korban bencana alam, salah satunya saat banjir bandang melanda kawasan Desa Haringen. Brigadir Fitriani dengan sigap dan berani menerjang banjir bandang demi menyalurkan bantuan kepada masyarakat terdampak.

2.Polisi Inovatif: Kombes Kusworo Wibowo

Kapolresta Bandung Kombes Kusworo Wibowo menjadi penerima Hoegeng Awards 2023 kategori Polisi Inovatif karena sejumlah program inovatif yang digagasnya. Di antaranya aplikasi pelaporan kehilangan Sikasep, program E-Siskamling, program sarapan bareng Kapolres, serta program antar motor hasil curian ke rumah korban.

Program aplikasi Sikasep digagas Kombes Kusworo saat menjabat sebagai Kapolresta Bandung. Sikasep adalah singkatan dari Surat Kehilangan Online SPKT Polresta Bandung, jadi masyarakat yang ingin melaporkan kehilangan tak usah repot-repot datang ke kantor polisi. Program ini diyakini dapat mencegah terjadinya pungutan liar (pungli).

Program elektronik siskamling (E-Siskamling) digagas Kombes Kusworo saat menjabat sebagai Kapolres Jember, Jawa Timur. Program ini diluncurkan pada tahun 2017.

Program inovatif lainnya adalah antar motor hasil curian ke rumah korban. Program ini, Polres Jember mengantarkan motor hasil curian yang berhasil diamankan dari tangan pelaku curanmor langsung ke rumah korbannya. Hal itu tak lain dilakukan untuk memberikan pelayanan kepada masyarakat serta mempermudah masyarakat kembali mendapatkan barang miliknya yang dicuri.

3.Polisi Pelindung Perempuan dan Anak: AKP Yuni Utami

Menurut pengusul AKP Yuni Utami, Parik 2 Itbid Itwasda Polda Jawa Tengah (Jateng) itu disebut sebagai sosok yang tegas memperjuangkan hak-hak perempuan dan anak yang menjadi korban kekerasan. Hal itu dituangkan dalam sebuah aturan Sistem Peradilan Pidana Terpadu Penanganan Kasus Kekerasan terhadap Perempuan (SPPT PKKTP), yang bekerja sama dengan aparat penegak hukum dan pihak terkait di Jawa Tengah.

Dengan adanya pelayanan terpadu itu, penanganan kasus kekerasan terhadap perempuan dan anak di jajaran Polda Jateng menjadi lebih baik. Karena banyak pihak yang terlibat, mulai dari penanganan kasusnya sampai pemulihan kepada korban.

AKP Yuni dikenal sebagai sosok yang progresif dalam penanganan perkara kekerasan perempuan dan anak oleh masyarakat pegiat pelindung perempuan dan anak di Jateng. Dia juga disebut mengupayakan restitusi atau mengganti kerugian korban kekerasan perempuan dan anak.

4.Polisi Tapal Batas dan Pedalaman: AKP Ma'ruf Suroto

Kisah AKP Makuf Suroto di perbatasan Indonesia-Papua New Guinea (PNG) begitu heroik. Kasat Binmas Polres Merauke itu menjaga dan merawat perbatasan negara serta membina masyarakat di Kecamatan Sota, Merauke, lewat pendekatan pertanian.

AKP Makruf begitu dicintai masyarakat setempat karena sepak terjangnya berpuluh-puluh tahun di Sota. Ia disebut sebagai polisi pertama menjaga dan merawat cikal bakal Pos Lintas Batas Negara (PLBN) Terpadu Sota. AKP Makruf membuka jalur hutan belantara dan membersihkan lahan yang terdapat tugu batas negara Indonesia dan PNG.

Tak hanya membersihkan pohon-pohon liar di sekitar tugu perbatasan, AKP Makruf juga merawat, menjaga dan mempercantik wilayah perbatasan Indonesia-PNG itu. Tak jarang AKP Makruf merogoh kocek sendiri untuk menata kawasan dengan ditanami sayuran, pohon buah, dan bunga-bunga.

5.Polisi Berintegritas: Kombes Darmanto

Kombes Darmanto menjabat sebagai Kepala Bagian Pendidikan dan Latihan Sekolah Pembentukan Perwira (Kabagdiklat Setukpa) di Sukabumi, Jawa Barat. Sosok Kombes Darmanto terpilih menjadi Polisi Berintegritas Hoegeng Awards 2023 karena dinilai punya keutamaan dalam hal kejujuran, kesedehanaan, dan komitmennya dalam sikap antikorupsi.

Kombes Darmanto disebut hidup secara sederhana meskipun dirinya tergolong salah satu perwira Polri. Dia tidak mau menggunakan mobil dinas dan memilih untuk pakai mobil pribadinya, yakni Honda Brio untuk kegiatan sehari-hari.

Kejujuran Kombes Darmanto juga tak diragukan lagi oleh rekan-rekannya di internal kepolisian. Dia disebut menolak menerima uang operasional ketika dirinya tidak terlibat dalam suatu kegiatan di Polri. Dia berprinsip bahwa materi atau kekayaan tak menjadi patokan hidup bahagia. Kombes Darmanto meyakini bahwa jabatan tinggi tak menjamin kebahagiaan.***

#Hoegeng Awards

Index

Berita Lainnya

Index