Pemprov Mendukung UMKM di Daerah Riau

Pemprov Mendukung UMKM di Daerah Riau
Foto: Gubernur Riau Syamsuar dok Instagram

PEKANBARU - Pemerintah Provinsi (Pemprov) mendukung pengembangan produk usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) di berbagai daerah Riau.

Hal itu diungkapkan Staff ahli bidang Pemerintahan, Hukum dan SDM Yurnalis mewakili Gubri Syamsuar pada Operasional Produk UMKM  di Gedung Balai Serindit Kabupaten pada Jumat (11/08).

Perlu diketahui bahwa Pemprov Riau telah menyalurkan bantuan dari APBD Provinsi Riau tahun 2020-2022 kepada pelaku usaha mikro khususnya usaha kecil dan menengah yang terdampak Covid serta mengoptimalkan pelaksanaan UMKM di Riau, penerima bantuan Rp 1,2 juta untuk 33.099 UMKM peserta dengan total anggaran Rp 39,7 miliar.

"Sedangkan di APBN 2020 sebanyak 268.909 UKM dan 2021 sebanyak 352.296 UMKM dengan total anggaran Rp 1,05 triliun,” kata Yurnalis.

Lebih lanjut dikatakannya, upaya intensif juga dilakukan untuk meningkatkan keterampilan dan keahlian para pelaku UMKM. Pada tahun 2023 pihaknya melaksanakan pelatihan desain kemasan produk dan pendampingan pemasaran.

"Untuk meningkatkan pemasaran, kami bekerja sama dengan OJK dan Bank Indonesia, serta bekerja sama dengan beberapa brand ternama seperti Dana, Id Cloud Host, Pertamina, Shoppe, Bli Bli dan sebagainya," ungkapnya.

Yurnalis juga menjelaskan, mulai Juli 2023, pelaku usaha kecil menengah dengan nilai transaksi hingga Rp47,1 miliar juga telah berpartisipasi dalam pengadaan barang dan jasa di bawah Pemprov Riau menggunakan platform Mbizmarket.

"Kami juga menggandeng UMKM  di 14 perusahaan besar yang ada di Provinsi Riau hingga tahun 2022, hingga 526 UMKM telah terlaksana dengan  kontrak senilai Rp25,6 miliar," jelas Yurnalis.

Oleh karena itu, pihaknya ingin UMKM Kabupaten Riau dapat memanfaatkan perkembangan teknologi informasi di seluruh wilayah usahanya.

Ia juga berharap, melalui lelang Gebyar ini, UMKM di Riau bisa meningkat, memiliki produk yang berkualitas  dan  bersaing di tingkat nasional atau menembus pasar ekspor.

"Kami berharap UMKM Riau sebagai salah satu penopang perekonomian dapat memperkuat perekonomian Riau menuju Riau unggul," tandas Yurnalis. (Mediacenter Riau)

Berita Lainnya

Index