Malam ini Porwil Sumatra XI Riau Dibuka Staf Ahli Menpora

Malam ini Porwil Sumatra XI Riau Dibuka Staf Ahli Menpora
Foto: Porwil Sumatera XI akan dibuka malam ini pukul 19.30 WIB di Halaman Kantor Gubernur Riau dok mcr

PEKANBARU - Mentri Pemuda dan Olahraga RI, Dito Ariotedjo, batal hadir pada acara pembukaan Pekan Olahraga Wilayah (Porwil) Sumatera XI, yang akan dibuka malam ini pukul 19.30 WIB di Halaman Kantor Gubernur Riau, Sabtu (4/11). Sebagai gantinya, Menpora mengirim Staf Ahli Kemenpora Bidang Hubungan Pusat dan Daerah, Dwijayanto Sarosa Putera.

“Menpora batal hadir, karena ada jadwal beliau yang bersamaan dan tidak bisa diwakili. Jadi kita maklumi saja, dan Menpora digantikan dengan staf ahli bidang hubungan pusat dan daerah. Tentunya dengan tidak kehadiran Menpora ini, tidak akan membuat semangat pelaksanaan Porwil berkurang. Kita tetap bersamangat mensukseskan Porwil di Bumi Lancang Kuning, Riau,” ujar Ketua Pengurus Besar (PB) Porwil Joni Irwan, Sabtu (4/11/2023).

Turut hadir juga pada acara pembukaan Ketua KONI Pusat Marciano Norman dan wakil ketua I KONI Pusat, Suwarno, Plt Gubernur Riau, Edy Natar Nasution, Ketua Umum KONI Riau, Iskandar Hoesin, Ketua KONI se Sumatra, serta seluruh Gubernur se-Sumatera, termasuk Gubernur Aceh dan Sumatera Utara.

Dijelaskan Joni, untuk acara pembukaan malam ini, sudah masuk dalam tahap finishing, gladi bersih juga sudah dilaksanakan. Berbagai macam acara akan digelar pada acara puncak pembukaan Porwil Sumatera XI dengan tagline "Berani Juara".

Pada acara pembukaan akan menampilkan defile kontingen dan tari kolosal dengan 400 penari pada saat pembukaan. Selain itu juga ada marching band dari Satpol PP Rokan Hulu dan penampilan sountrack lagu “Berani Juara” dari  siswa SMA 1 Rokan Hilir.

Tak hanya itu, sebagai hiburan PB Porwil Sumatera juga mendatangkan artis dari Yogyakarta, Tri Suaka yang merupakan idola kaula muda. Kemudian, juga diramaikan oleh band lokal. Dalam pembukaan nanti kata Jhoni, selain acara formal seperti defile kontingen, upacara menaikan bendera Porwil, dan beberapa kegiatan lain, juga ada hiburan.

"Hiburan kita datangkan artis dari Yogyakarta Tri Suaka dan artis band lokal. Termasuk penyalaan api obor Porwil, yang akan dinyalakan oleh mantan atlet Riau. Pada pembukaan nanti juga diramaikan oleh stand UMKM di sekitar Kantor Gubernur Riau. UMKM ini dibuka selama perhelatan Porwil Sumatera XI berlangsung. Sejumlah ruas jalan akan dilakukan rekayasa lalu lintas selama porwil dan juga ada kegiatan UMKM di sejumlah ruas jalan. Rekayasa ini dilakukan untuk menghindari macet," jelasnya.

Sementara itu, Wakil Ketua PB Porwil Bidang Pertandingan Khairul Fahmi mengatakan, secara keseluruhan persiapan pertandingan Porwil sudah ready 100 persen. Baik kesiapan venue maupun kelengkapan peralatan pertandingan lainnya.

"Kesiapan venue sudah ready, seluruh venue sudah ready untuk pertandingan. Kemudian pada tanggal 5 November secara serentak cabor porwil mulai dipertandingkan. Ada cabor yang mulai pagi dan ada yang siang," kata Fahmi.

Untuk cabor sepakbola kata Fahmi, akan dilaksanakan di dua stadion yakni Stadion Utama Riau dan Stadion Kaharuddin Nasution. Khusus tanggal 5-6 November, sepakbola akan dipertandingkan di Stadion Utama Riau. Pasalnya, Stadion Kaharuddin Nasution akan dipakai PSPS Riau untuk bertanding pada putaran dua Pegadaian Liga 2 Indonesia.

"Sementara untuk partai final cabor sepakbola, akan dilaksanakan di Stadion Kaharuddin Nasution, karena kondisii lapangan lebih baik dibanding Stadion Utama Riau," katanya.

Selain sepakbola, khusus untuk cabor atletik akan diikuti oleh 26 provinsi se-Sumatera. Provinsi dari diluar Sumatera harus mengikuti Pra PON sebagai syarat lolos PON. Ada sekitar 300 atlet atletik dari 26 provinsi yang akan bertanding di Porwil nanti. Meski diikuti oleh provinsi yang bukan peserta Porwil, akan tetapi hitungan medali hanya dihitung untuk provinsi peserta Porwil.

"Contohnya seperti Jakarta juara 1, kemudian Papua juara 2 dan Jawa Barat juara 3, itu kan bukan peserta porwil. Jadi medali yang diambil itu provinsi yang teratas peserta porwil. Kalau Riau di posisi keempat, berarti Riau yang medali emasnya, kemudian ada provinsi sumbar di setelah itu, berarti dia yang mendapat medali peraknya," jelasnya.

Untuk diketahui, pada Porwil Sumatera XI di Riau mempertandingkan 10 cabor, di antaranya Sepakbola, Sepak Takraw, Bola Tangan, Voli Indoor, Wushu, Renang, Barongsai, Atletik, E-Sport, dan Catur. Dari 10 cabor yang dipertandingkan 9 di antaranya dipertandingkan di Kota Pekanbaru dan 1 cabor atletik di Bangkinang, Kabupaten Kampar.(mcr)

#Riau

Index

Berita Lainnya

Index