Riau Sukses Jadi Juara Umum Porwil Sumatera XI

Riau Sukses Jadi Juara Umum Porwil Sumatera XI
Foto: dok mcr

PEKANBARU - Penyelenggaraan Pekan Olahraga Wilayah (Porwil) Sumatera XI di Provinsi Riau, telah selesai diselenggarakan. Pada event ini, Riau sukses menjadi juara umum.

Pelaksana Tugas (Plt) Gubernur Riau (Gubri) Brigjen TNI (Purn), Edy Natar Nasution, menyampaikan rasa bangga dengan atlet yang telah berlaga. Ia mengapresiasi perjuangan para atlet, sehingga dapat mengharumkan nama daerahnya dalam bidang olahraga.

“Kami selaku Plt Gubernur Riau mengucapkan selamat atas prestasi yang telah diraih oleh para atlet kebanggaan dari daerahnya masing-masing. Semoga prestasi tersebut dapat dipertahankan atau ditingkatkan lagi ke taraf yang lebih tinggi,” ucapnya dalam acara malam penutupan Porwil Sumatera XI di halaman Kantor Gubernur Riau, Selasa (14/11/2023).

Plt Gubri Edy menerangkan, Porwil XI Sumatera merupakan ajang seleksi untuk mengikuti PON ke-21 pada tahun 2024 di Provinsi Aceh dan provinsi Sumatra Utara. Selain sebagai ajang yang mengukir prestasi, momen ini dapat dijadikan sebagai wadah silaturahmi dan keakraban para Insan olahraga se Sumatera.

“Sehingga dengan adanya momen ini hubungan kita sebagai masyarakat Sumatera semakin terjalin lebih keras. Terima kasih atas kerja keras panitia dan semua pihak yang telah banyak membantu sehingga penyelenggaraan Porwil Sumatera ke-11 tahun 2023 dapat berjalan dengan baik dan lancar,” terangnya.

Diungkapkan, selama pelaksanaan Porwil XI Sumatera di Riau, tentunya banyak hal atau momen yang terekam di dalam benak peserta. Baik itu dalam masa persiapan pertandingan pelaksanaan pertandingan maupun pelayanan yang kami berikan.

Oleh karna itu, selaku tuan rumah dan atas nama masyarakat Riau Plt Gubri memohon maaf dari lubuk hati yang paling dalam, jika pada perjalanan perhelatan olahraga ini terdapat suatu kekurangan.

“Waktu begitu cepat berlalu, sejak Pekan Olahraga wilayah Sumatera 11 Riau tahun 2023 dibuka pada tanggal 4 November yang lalu, tidak terasa pada malam hari ini kita akan melakukan acara penutupan. Selaku tuan rumah, semoga pelayanan yang kami berikan dapat berkesan yang baik di hati bapak, ibu dan tuan semua,” ungkapnya.

Untuk diketahui, Provinsi Riau berhasil memperoleh juara umum. Dengan perolehan 41 medali emas, 21 medali perak, dan 33 medali perunggu. Pada posisi kedua diraih oleh Provinsi Kepulauan Bangka Belitung berhasil memperoleh dengan meraih 31 medali emas, 21 medali perak, dan 28 medali perunggu.

Selanjutnya disusul oleh provinsi Sumatera Barat menempati posisi ketiga dengan perolehan 22 medali emas, 36 medali perak, dan 24 medali perunggu. Peringkat berikutnya, di tempati oleh Provinsi Sumatera Selatan, Jambi, Lampung, Kepulauan Riau dan Bengkulu.

Sebagai informasi, sejumlah cabor dari Riau yang sukses meraih medali dan menjadi juara umum di antaranya, cabor renang 23 emas, 5 perak 9 perunggu. Kemudian barongsai, 5 emas, 4 perak dan 1 perunggu.

Sepak takraw, 7 emas, 1 perunggu, atletik 4 emas, 4 perak 9 perunggu. Wushu 1 emas, 2 perak 4 perunggu, bola tangan 1 emas 1 perunggu. Catur 1 emas 3 perak 5 perunggu. E-sport 1 perak dan 3 perunggu.

Bola voli 1 perak dan 1 perunggu. Pada cabang olahraga Sepak Bola, Riau harus berlapang dada mendapatkan perak, usai di kalahkan oleh tim kesebelasan dari Sumatera Barat.(mcr)

#Riau

Index

Berita Lainnya

Index