Riau Juara Umum Lomba Masak Ikan Nasional

Riau Juara Umum Lomba Masak Ikan Nasional
Foto: dok mcr

JAKARTA - Dalam rangkaian Puncak Hari Ikan Nasional 2023 yang di taja oleh Dirjen Penguatan Daya Saing Produk Kelautan dan Perikanan (PDSPKP) Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP), Provinsi Riau berhasil meraih juara umum nasional lomba masak serba ikan tingkat nasional.

Provinsi Riau yang diwakili oleh Kabupaten Rokan Hulu (Rohul) berhasil mengangkat tema bahan bahan keluarga lokal umbut kelapa sawit, bunga labu sebagai bahan dasar dimasak dengan ikan kembung.

Pada lomba ini, Provinsi Riau meraih juara 1 untuk menu keluarga, juara 2 menu balita dan juara 3 menu kudapan.

Sehingga dari hasil akhir lomba tersebut, Riau mendapatkan juara umum karena menyabet juara pada masing - masing kategori.

Pada kesemenpatan tersebut, tim dari Provinsi Riau itu didampingi langsung oleh Plt Ketua TP PKK Riau Suti Mulyati, serta Ketua TP PKK Rokan Hulu dan wakil Ketua TP PKK Rokan Hulu.

Plt Ketua TP PKK Riau tersebut mengharapkan menu yang disajikan dalam lomba ini bisa menjadi menu andalan di Provinsi Riau untuk memasyarakatkan gerakan makan ikan (gemarikan).

"Semoga menu ini bisa menjadi menu andalan untuk gerakan gemarikan," katanya, Selasa (21/11/23).

Kemudian, Plt Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi Riau Tengku Fauzan Tambusai mengatakan  bahwa lomba masak ikan ini merupakan salah satu program KKP dalam rangka untuk meningkatkan konsumsi ikan.

Menurutnya, keberhasilan Riau meraih juara umum nasional berkat doa dan dukungan dari semua pihak, pemerintah, masyarakat maupun Forum Peningkatan Konsumsi Ikan (Forikan) Riau.

"Alhamdulillah berkat perjuangan dari seluruh tim Forikan Riau, dukungan Forikan kabupaten kota se Riau, khusunya Forikan Rohul, Alhamdulillah merebut juara umum di lomba masak serba ikan nasional," ujarnya.

Pada kesempatan tersebut, Tengku Fauzan Tambusai juga menerangkan bahwa Menteri KKP juga menyampaikan apresiasi kepada Pemprov Riau karena terus mendorong gerakan konsumsi ikan di Riau.

Sebab KKP menggerakkan gerakan konsumsi ikan tersebut merupakan salah satu langkah menggapai generasi emas untuk Indonesia.

"Disisi lain produk olahan ikan ini bisa menjadi produk unggulan bisa dikonsumsi masyarakat Riau pada umumnya. Insyaallah ke depannya kita minta dukungan KKP mempercepat program perikanan untuk nelayan dan masyarakat di Riau," tambahnya.

Plt Kadis Kelautan dan Perikanan Provinsi Riau itu menambahkan, ikan yang diolah menjadi berbagai menu dalam lomba masak serba ikan adalah ikan kembung.

Alasan pemilihan ikan kembung karena ikan kembung memiliki omega yang sangat tinggi, bahkan lebih baik dari ikan salmon. Ditambah lagi ikan kembung mudah di cari, murah dan harganya terjangkau untuk semua masyarakat.

"Setelah dikaji ikan kembung memiliki omega sangat tinggi. Ditambah lagi mudah di dapatkan, harganya murah dan terjangkau," tutupnya.(mcr)

#Riau

Index

Berita Lainnya

Index