Cegah Terjadinya Karhutla, Babinsa Koramil 02/BK Rutin Lakukan Patroli

Cegah Terjadinya Karhutla, Babinsa Koramil 02/BK Rutin Lakukan Patroli
dok Istimewa

DUMAI - Babinsa Kelurahan Bukit Kayu Kapur Koramil 02/BK, Serka Tomy Mike G, melakukan kegiatan patroli dan sosialisasi pencegahan kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) di wilayah Kelurahan Bukit Kayu Kapur, Kecamatan Bukit Kapur, (29/2).

Dalam kegiatan tersebut, Serka Tomy Mike G menyampaikan larangan keras terhadap praktik membuka lahan dengan cara membakar serta menyoroti sanksi hukum yang akan diterapkan apabila ada yang terbukti melakukan pembakaran hutan dan lahan.

Menyikapi ancaman kebakaran hutan dan lahan yang semakin meningkat, Serka Tomy Mike G menegaskan pentingnya kesadaran dan kerjasama dari seluruh masyarakat dalam mencegah terjadinya Karhutla.

Ia mengingatkan bahwa praktik membakar lahan tidak hanya merugikan lingkungan dan ekosistem, tetapi juga membahayakan nyawa manusia serta mengakibatkan kerugian ekonomi yang besar.

Dalam rangka sosialisasi tersebut, Serka Tomy Mike G memberikan penjelasan tentang metode alternatif yang ramah lingkungan untuk membuka lahan, seperti penggunaan alat-alat pertanian modern dan penerapan pola tanam yang berkelanjutan.

Ia juga mengajak masyarakat untuk aktif melaporkan segala bentuk aktivitas mencurigakan yang dapat mengakibatkan kebakaran hutan dan lahan kepada pihak berwenang.

"Kami mengimbau agar seluruh pihak turut berperan aktif dalam menjaga kelestarian lingkungan dan menghindari praktek-praktek yang merugikan," katanya.

Dalam kesempatan tersebut, Serka Tomy Mike G juga memberikan pemahaman kepada masyarakat mengenai cara penanganan darurat apabila terjadi kebakaran hutan dan lahan, serta pentingnya kesiapsiagaan dalam menghadapi situasi tersebut.

Ia menekankan perlunya pembentukan posko-posko relawan dan pelatihan bagi masyarakat dalam upaya mitigasi dan penanggulangan bencana Karhutla.

Terakhir, Serka Tomy Mike G menegaskan komitmen Koramil 02/BK untuk terus melakukan pemantauan dan sosialisasi secara berkala guna menjaga keamanan dan kesejahteraan masyarakat serta lingkungan hidup di wilayah Kelurahan Bukit Kayu Kapur.***

#Kodim Dumai

Index

Berita Lainnya

Index