Giat PMK, Sertu Sutarno Sosialisasi Pentingnya Jaga Kesehatan di Peternakan

Giat PMK, Sertu Sutarno Sosialisasi Pentingnya Jaga Kesehatan di Peternakan
Giat PMK, Sertu Sutarno Sosialisasi Pentingnya Jaga Kesehatan di Peternakan

DUMAI - Babinsa Kelurahan Jaya Mukti, Kecamatan Dumai Timur, Sertu Sutarno melaksanakan sosialisasi untuk mencegah Penyakit Mulut dan Kuku (PMK) di Peternakan RT 016 milik Jai, (14/5).

Sosialisasi ini bertujuan untuk memberikan pengetahuan kepada para peternak tentang pentingnya menjaga kebersihan kandang dan kesehatan ternak.

"Salah satu cara efektif untuk mencegah penyebaran PMK adalah dengan menjaga kebersihan kandang. Kandang yang bersih akan meminimalisir risiko penyakit pada ternak," kata Sertu Sutarno.

Selama kegiatan, Sertu Sutarno memberikan penjelasan rinci mengenai PMK, termasuk gejala-gejala yang perlu diwaspadai oleh para peternak. Ia juga menekankan pentingnya pemeriksaan rutin dan vaksinasi bagi ternak untuk memastikan kesehatan mereka tetap terjaga.

Jai, mengapresiasi upaya sosialisasi yang dilakukan oleh Babinsa.

"Kami sangat berterima kasih atas informasi dan edukasi yang diberikan. Ini sangat membantu kami dalam menjaga kesehatan ternak," ujarnya.

Dalam kesempatan tersebut, Sertu Sutarno juga menunjukkan cara-cara praktis untuk membersihkan kandang dengan baik dan efektif. Ia mengingatkan agar sisa-sisa makanan dan kotoran segera dibersihkan untuk menghindari tempat berkembang biaknya bakteri dan virus.

Selain memberikan edukasi, Sertu Sutarno juga mengajak para peternak untuk saling berbagi informasi dan pengalaman terkait pencegahan PMK. Ia berharap, dengan adanya kerjasama yang baik antara peternak dan pihak terkait, penyebaran PMK dapat ditekan seminimal mungkin.

"Kami akan terus melakukan sosialisasi seperti ini untuk memastikan bahwa para peternak mendapatkan informasi yang tepat dan terbaru mengenai pencegahan penyakit ternak," tambah Sertu Sutarno.

Kegiatan sosialisasi ini diharapkan dapat meningkatkan kesadaran dan kepedulian para peternak terhadap kesehatan ternak mereka.***

#Kodim Dumai

Index

Berita Lainnya

Index