Ramil 02 BK Sertu Sareh Patroli Mitigasi dan Pengecekan Kanal Sumber Air Saat Kebakaran

Ramil 02 BK Sertu Sareh Patroli Mitigasi dan Pengecekan Kanal Sumber Air Saat Kebakaran
dok Istimewa

DUMAI - Babinsa Kelurahan Bagan Besar, Ramil 02/BK, Sertu Sareh, pada hari Rabu tanggal 15 Mei 2024, melaksanakan kegiatan patroli mitigasi dan pengecekan kanal sebagai sumber air saat terjadi kebakaran. Patroli ini dilakukan bersama dengan security PT Ararabadi di Jalan Mataram Ujung 04, Kelurahan Bukit Kayu Kapur, Kecamatan Bukit Kapur.

Dalam kegiatan tersebut, Sertu Sareh menjelaskan pentingnya menjaga kanal sebagai sumber air yang vital dalam penanganan kebakaran hutan.

"Kanal-kanal ini adalah garis pertahanan pertama kita saat terjadi kebakaran. Kita harus memastikan mereka selalu dalam kondisi baik dan siap digunakan," ujar Sertu Sareh.

Selain pengecekan kanal, patroli juga difokuskan pada sosialisasi kepada masyarakat sekitar mengenai bahaya membakar hutan dan membuka lahan dengan cara membakar.

"Kami tidak akan toleransi terhadap tindakan pembakaran hutan. Ini adalah tindakan yang merusak lingkungan dan membahayakan kehidupan banyak orang," tambahnya.

Sertu Sareh juga mengingatkan mengenai hukuman yang berat bagi siapa saja yang ketahuan membakar hutan, baik itu individu maupun perusahaan.

"Hukuman bagi pelaku pembakaran hutan sangat berat. Kami akan pastikan hukum ditegakkan tanpa pandang bulu," tegasnya.

Dalam kesempatan yang sama, Babinsa juga melakukan pendampingan pada kegiatan karya nyata di kebun Pak H. Akim, di mana mereka menanam ubi kayu secara tumpang sari dengan tanaman sawit.

"Kegiatan ini menunjukkan bahwa kita bisa meningkatkan produktivitas lahan tanpa harus merusak lingkungan," kata Sertu Sareh.

Sertu Sareh berharap, melalui kegiatan ini, kesadaran masyarakat akan pentingnya menjaga lingkungan dapat semakin meningkat.

"Kami ingin masyarakat memahami bahwa menjaga lingkungan adalah tanggung jawab kita bersama. Kita bisa hidup harmonis dengan alam tanpa harus merusaknya," ujarnya.

Patroli dan sosialisasi seperti ini akan terus dilakukan secara rutin oleh Babinsa dan pihak keamanan terkait untuk memastikan kelestarian hutan dan keselamatan masyarakat sekitar.

"Ini adalah bagian dari komitmen kami untuk melindungi lingkungan dan mendukung upaya mitigasi kebakaran hutan," tutup Sertu Sareh.***

#Kodim Dumai

Index

Berita Lainnya

Index