Koramil 02/BK, Serda Cerzakatno Sosialisasi Warga Soal Bahaya Karhutla

Koramil 02/BK, Serda Cerzakatno Sosialisasi Warga Soal Bahaya Karhutla
dok Istimewa

DUMAI - Babinsa Kelurahan Teluk Makmur, Koramil 02/BK, Serda Cerzakatno, bersama dengan Masyarakat Peduli Api (MPA) Kelurahan Teluk Makmur, melaksanakan patroli dan sosialisasi mengenai bahaya kebakaran hutan dan lahan (Karlahut) di Jalan M.Yusuf RT 02, Kelurahan Teluk Makmur, Kecamatan Medang Kampai.

Kegiatan ini merupakan bagian dari upaya pencegahan Karlahut yang sering terjadi di wilayah tersebut.

Dalam sosialisasinya, Serda Cerzakatno menegaskan kepada masyarakat pentingnya menjaga lingkungan dan tidak membuka lahan dengan cara membakar.

"Kami mengimbau warga untuk tidak melakukan pembakaran lahan. Ini sangat berbahaya dan berdampak negatif bagi kesehatan serta lingkungan," ujar Serda Cerzakatno.

Patroli ini juga bertujuan untuk memberikan pemahaman mengenai sanksi hukum yang akan dikenakan kepada pelaku pembakaran lahan.

"Sanksi bagi yang tertangkap membakar lahan cukup berat. Selain denda, pelaku bisa menghadapi hukuman penjara," tambahnya.

Selain sosialisasi, Babinsa dan MPA juga melakukan pengecekan langsung ke beberapa titik yang rawan terjadi kebakaran. Mereka memastikan bahwa tidak ada aktivitas pembakaran lahan yang dilakukan oleh warga setempat.

"Kami tidak hanya memberikan imbauan, tetapi juga memantau secara langsung untuk memastikan kepatuhan warga," jelas Serda Cerzakatno.

Kegiatan ini mendapat respon positif dari warga. Banyak warga yang menyadari pentingnya menjaga lingkungan dan berjanji akan menghindari cara-cara yang berpotensi merusak alam.

"Kami sangat mendukung upaya ini dan akan berusaha semaksimal mungkin untuk tidak membakar lahan," ujar salah seorang warga RT 02 yang ikut dalam sosialisasi.

Selain patroli dan sosialisasi, Babinsa dan MPA juga membagikan brosur yang berisi informasi mengenai bahaya Karlahut dan cara-cara pencegahan yang bisa dilakukan oleh masyarakat. Langkah ini diharapkan bisa meningkatkan kesadaran dan pengetahuan warga tentang pentingnya menjaga kelestarian lingkungan.

Patroli dan sosialisasi ini akan terus dilakukan secara rutin sebagai bentuk komitmen Babinsa dan MPA dalam menjaga keamanan dan kelestarian lingkungan di Kelurahan Teluk Makmur. "Kami akan terus berupaya keras untuk mencegah terjadinya Karlahut di wilayah ini," tutup Serda Cerzakatno.***

#Kodim Dumai

Index

Berita Lainnya

Index