Babinsa Purnama Sambangi Petani, Bantu Tanam Kacang Panjang

Babinsa Purnama Sambangi Petani, Bantu Tanam Kacang Panjang
dok Istimewa

DUMAI - Pada hari Selasa, 21 Mei 2024, Babinsa Kelurahan Purnama, Kecamatan Dumai Barat, Sertu Mahyudin, melaksanakan pendampingan karya nyata berupa penanaman kacang panjang di RT 03 milik Jumari. Kegiatan ini merupakan bagian dari program ketahanan pangan yang diinisiasi oleh Koramil-01/Dumai di bawah Kodim 0320/Dumai.

Sertu Mahyudin menjelaskan bahwa pendampingan ini bertujuan untuk meningkatkan produktivitas pertanian dan membantu warga dalam mengelola lahan mereka secara optimal.

"Kami hadir untuk memberikan bimbingan teknis dan motivasi kepada para petani agar mereka dapat meningkatkan hasil panen dan kesejahteraan mereka," ujarnya.

Jumari, pemilik lahan, merasa sangat terbantu dengan kehadiran Babinsa dalam proses penanaman ini.

"Pendampingan dari Pak Babinsa sangat bermanfaat, terutama dalam hal teknik penanaman dan pemeliharaan tanaman kacang panjang. Saya berharap hasil panen kali ini akan lebih baik," kata Jumari.

Program pendampingan ini tidak hanya fokus pada penanaman, tetapi juga mencakup berbagai aspek pertanian seperti pemilihan bibit unggul, pengelolaan irigasi, hingga pengendalian hama.

Sertu Mahyudin mengungkapkan bahwa edukasi yang diberikan kepada para petani diharapkan dapat membawa perubahan positif jangka panjang.

"Kami juga mengajarkan cara-cara pemeliharaan yang ramah lingkungan agar tanaman bisa tumbuh sehat tanpa bergantung pada pestisida kimia yang berlebihan," tambah Sertu Mahyudin.

Pendekatan ini bertujuan untuk menciptakan pertanian yang berkelanjutan dan lebih ramah lingkungan.

Selain pendampingan teknis, program ini juga mendorong kebersamaan dan gotong royong di antara warga. Menurut Sertu Mahyudin, sinergi antara Babinsa dan warga sangat penting untuk mencapai ketahanan pangan yang diharapkan.

"Kerjasama ini menunjukkan bahwa dengan bekerja bersama, kita bisa mengatasi berbagai tantangan dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat," jelasnya.

Kegiatan ini mendapat apresiasi dari berbagai pihak, termasuk dari aparat pemerintahan setempat. Mereka berharap program pendampingan oleh Babinsa ini dapat terus berlanjut dan diterapkan di wilayah lain untuk mendukung ketahanan pangan nasional.

Dengan adanya pendampingan dari Babinsa seperti Sertu Mahyudin, diharapkan para petani di Kelurahan Purnama, Kecamatan Dumai Barat, bisa semakin bersemangat dan mampu meningkatkan hasil pertanian mereka, khususnya dalam budidaya kacang panjang.***

#Kodim Dumai

Index

Berita Lainnya

Index