Serka Khorianto Dukung Swasembada Pangan

Serka Khorianto Dukung Swasembada Pangan
dok Istimewa

DUMAI - Dalam upaya mendukung swasembada pangan yang diprogramkan oleh Menteri Pertanian dan Kepala Staf Angkatan Darat (Kasad), Babinsa Koramil 03 Sungai Sembilan, Serka Khorianto, turun tangan langsung mendampingi proses normalisasi parit di Jalan Melati RT 12, (22/5).

Normalisasi ini bertujuan untuk memperbaiki sistem pengairan air di lahan sawah yang saat ini mengalami kekeringan parah.

"Normalisasi parit ini sangat penting untuk memastikan aliran air yang lancar ke sawah-sawah. Kami tidak bisa membiarkan petani berjuang sendirian menghadapi musim kekeringan ini," ujar Serka Khorianto.

Proses normalisasi parit melibatkan pembersihan dan pelebaran parit yang sudah lama tersumbat oleh lumpur dan sampah.

Selain itu, dilakukan juga penguatan dinding parit agar lebih kokoh dan mampu menampung volume air yang lebih besar. Kegiatan ini mendapat dukungan penuh dari masyarakat setempat yang ikut berpartisipasi secara gotong-royong.

Program swasembada pangan yang dicanangkan oleh Menteri Pertanian dan Kasad bertujuan untuk meningkatkan ketahanan pangan nasional.

Babinsa Koramil 03 Sungai Sembilan merasa terpanggil untuk berkontribusi dalam program ini dengan cara membantu petani di lapangan.

"Kami berharap normalisasi ini bisa menjadi solusi jangka panjang bagi masalah pengairan di daerah ini," tambah Serka Khorianto.

Kerja sama antara TNI dan masyarakat ini menunjukkan semangat kebersamaan dan gotong-royong yang tinggi. Masyarakat berharap kegiatan seperti ini dapat terus dilakukan untuk mendukung sektor pertanian yang merupakan tulang punggung perekonomian daerah.

Dengan adanya normalisasi parit ini, diharapkan lahan sawah di wilayah Jalan Melati RT 12 bisa kembali produktif dan mampu menyumbang pada pencapaian swasembada pangan nasional.

Babinsa Koramil 03 Sungai Sembilan akan terus berupaya mendampingi dan membantu petani untuk mewujudkan hal tersebut.***

#Kodim Dumai

Index

Berita Lainnya

Index