Antisipasi Karhutla, Babinsa Kelurahan Bagan Besar Timur Patroli

Antisipasi Karhutla, Babinsa Kelurahan Bagan Besar Timur Patroli
dok Istimewa

DUMAI - Dalam rangka mengantisipasi terjadinya kebakaran hutan dan lahan (karhutla) di musim kemarau, Babinsa Kelurahan Bagan Besar Timur, Koramil 02/BK, Sertu Jumat Desmanto, melaksanakan kegiatan patroli dan sosialisasi cegah karhutla di jalan KUD ujung RT 07, Kelurahan Bagan Besar Timur, Kecamatan Bukit Kapur, pada hari Jumat, 7 Juni 2024.

Kegiatan ini dilakukan untuk meningkatkan kesadaran masyarakat tentang pentingnya menjaga lingkungan dan mencegah kebakaran hutan dan lahan.

Sertu Jumat Desmanto memberikan edukasi kepada masyarakat tentang bahaya karhutla dan dampaknya terhadap lingkungan, kesehatan, dan ekonomi.

"Karhutla bukan hanya merusak lingkungan, tetapi juga berdampak negatif pada kesehatan kita dan perekonomian setempat," ujar Sertu Jumat Desmanto.

Ia menjelaskan bahwa asap dari kebakaran hutan dapat menyebabkan berbagai penyakit pernapasan dan mengganggu aktivitas sehari-hari.

Dalam sosialisasinya, Sertu Jumat juga menyampaikan larangan untuk membuka lahan dengan cara membakar.

"Membakar lahan untuk pembukaan area pertanian adalah tindakan ilegal dan sangat berbahaya," tegasnya.

Babinsa  juga menekankan bahwa pelanggar yang tertangkap melakukan pembakaran hutan dan lahan akan dikenakan sanksi hukum yang berat.

"Kita akan berikan sanksi tegas bagi siapa saja yang terbukti melakukan pembakaran hutan," tambahnya.

Sertu Jumat Desmanto berharap dengan kegiatan patroli dan sosialisasi ini, masyarakat di Bagan Besar Timur dapat lebih memahami bahaya karhutla dan tidak melakukan pembakaran hutan dan lahan.

"Kesadaran dan partisipasi aktif masyarakat sangat penting dalam upaya pencegahan karhutla," ujarnya.

Ia juga mengajak seluruh warga untuk berperan serta dalam menjaga lingkungan agar tetap aman dan bebas dari kebakaran.

Selain sosialisasi, Sertu Jumat juga mengajak warga untuk melaporkan jika menemukan titik api atau aktivitas mencurigakan yang dapat memicu kebakaran.

"Segera laporkan kepada kami atau pihak berwenang jika melihat adanya tanda-tanda kebakaran," pesannya.

Langkah ini dinilai penting untuk tindakan cepat dalam pencegahan dan penanganan karhutla.

Kegiatan ini merupakan bagian dari upaya berkelanjutan Koramil 02/BK dalam menjaga kelestarian lingkungan dan keamanan wilayah dari ancaman kebakaran hutan dan lahan.

"Kami akan terus melakukan patroli dan sosialisasi secara rutin untuk memastikan wilayah ini tetap aman dari karhutla," tutup Sertu Jumat Desmanto.***

#Kodim Dumai

Index

Berita Lainnya

Index