Babinsa Bagan Keladi Sosialisasi Soal Penyakit Menular di Peternakan

Babinsa Bagan Keladi Sosialisasi Soal Penyakit Menular di Peternakan
dok Istimewa

DUMAI - Babinsa Kelurahan Bagan Keladi, Kecamatan Dumai Barat, Serda Priyo Sudarmo, melakukan sosialisasi mengenai pencegahan Penyakit Mulut dan Kuku (PMK) di RT 06 pada hari Minggu, 9 Juni 2024.

"Dalam sosialisasi ini, kami menekankan pentingnya menjaga kebersihan kandang agar ternak tetap sehat dan terhindar dari PMK," ujar Serda Priyo Sudarmo.

Ia menjelaskan bahwa penyakit ini sangat menular dan dapat menyebabkan kerugian ekonomi yang signifikan bagi peternak.

Menurut Serda Priyo, kandang yang bersih adalah kunci utama dalam mencegah penyebaran PMK.

"Kita harus rutin membersihkan kandang dan memastikan lingkungan sekitar kandang tidak menjadi tempat berkembangnya bakteri dan virus," tambahnya.

Selain itu, Babinsa juga memberikan pengetahuan tentang gejala-gejala PMK dan cara penanganan awal jika ternak menunjukkan tanda-tanda terinfeksi.

"Warga harus segera melaporkan ke dinas terkait jika menemukan gejala PMK pada ternaknya," kata Serda Priyo.

Sosialisasi ini mendapat sambutan positif dari para peternak. Nanang, salah satu peternak yang menjadi sasaran sosialisasi, mengaku merasa lebih tenang dan siap menerapkan langkah-langkah pencegahan yang disampaikan.

"Kami sangat berterima kasih atas informasi dan bimbingan yang diberikan oleh Babinsa," ucapnya.

Kegiatan ini merupakan bagian dari upaya Koramil-01/Dumai dalam mendukung kesehatan hewan ternak di wilayah Dumai Barat.

"Kami akan terus melakukan sosialisasi dan pendampingan kepada peternak untuk memastikan kesehatan ternak mereka terjaga," jelas Serda Priyo.***

#Kodim Dumai

Index

Berita Lainnya

Index