KPI Tegur GGS, Bastian Steel dan Manusia Harimau

KPI Tegur GGS, Bastian Steel dan Manusia Harimau

Wahanariau - Komisi Penyiaran Indonesia baru saja melarang tayangan sinetron Ganteng-Ganteng Serigala.

KPI ternyata juga sudah memperingatkan sinetron lain seperti Bastian Steel Bukan Cowok Biasa dan Manusia Harimau yang masing-masing tayang di RCTI serta MNC TV.

Pada surat peringatan 6 Oktober 2014, Komisi Penyiaran Indonesia (KPI) Pusat menilai Program Siaran "Bastian Steel Bukan Cowok Biasa" yang ditayangkan oleh stasiun RCTI pada tanggal 19 September 2014 pada pukul 17.28 WIB tidak memperhatikan ketentuan tentang perlindungan anak-anak dan remaja, program siaran tentang lingkungan pendidikan serta penggolongan program siaran yang telah diatur dalam Pedoman Perilaku Penyiaran dan Standar Program Siaran (P3 dan SPS).

Program tersebut menayangkan secara eksplisit adegan seorang remaja wanita berseragam sekolah terjatuh kemudian diselamatkan oleh Bastian dan nampak berpelukan dan bertatapan. Kemudian remaja wanita tersebut menghina Bastian "udah jelek, kribo, kacamata aneh, dekil bauk lagi".

KPI Pusat menilai kalimat/kata-kata tersebut sangat tidak santun dan tidak pantas untuk diucapkan.

Program siaran dengan klasifikasi R harus mengandung muatan, gaya pencitraan dan tampilan yang sesuai dengan perkembangan psikologis remaja serta berisikan nilai-nilai pendidikan, sosial, budaya dan budi pekerti.

Berdasarkan hal tersebut, KPI Pusat memutuskan untuk memberikan peringatan agar melakukan evaluasi internal agar adegan serupa tidak terulang lagi, baik pada program yang sama maupun program lainnya.

Sebelumnya pada 23 September 2014, KPI juga menayangkan peringatan kepada PT Cipta Televisi Pendidikan Indonesia atas Sinetron "Manusia Harimau".

Berita Lainnya

Index