Guna Memperkuat Kerjasama Dibidang Pendidikan, Pemkab Rohil Teken MoU dengan Universitas Riau

Guna Memperkuat Kerjasama Dibidang Pendidikan, Pemkab Rohil Teken MoU dengan Universitas Riau

BAGANSIAPIAPI - Pemerintah Kabupaten Rokan Hilir melakukan penandatanganan nota kesepahaman (MoU) bersama pihak Universitas Riau (UR) di Gedung Rektorat UR, Pekanbaru, Senin (7/3/2016) penandatanganan langsung dilakukan oleh Bupati Rokan Hilir H. Suyatno. Nota kesepahaman ini untuk lebih memperkuat kerja sama dibidang pendidikan, penelitian dan pengabdian kepada masyaraat serta peningkatan Sumber Daya Manusia (SDM).

"Pemkab Rohil dan Universitas Riau merupakan mitra kerja yang erat sejak berdirinya Kabupaten Rokan Hilir. Kerjasama yang dibina dalam bentuk program dan berjalan dengan baik untuk mewujudkan kesejahteraan dan kemajuan bangsa kemanusiaaan,'' kata Bupati Rohil H Suyatno dalam sambutannya.

Ditambahkan, bahwa selama ini UR selalu mampu menawarkan ide dan gagasan terkait dengan pendidikan dan riset dalam sains teknologi, juga tanggap pada permasalahan-permasalahan yang dihadapai oleh masyarakat luas dna kususnya Kabupaten Rokan Hilir. Dimasa Depan tantangan dan permasalahan tentunya akan semakin kompleks namun harus dilakukan dengan sungguh-sungguh untuk menyelesaikannya.

"Oleh karena itu kami selaku Pemerintah Rokan Hilir ingin memperpanjang kerjasama antara Universitas Riau dan Pemkab Rokan Hilir,'' kata Bupati.

Dalam kesempatan itu Bupati memaparkan Visi baru Bupati dan Wakil Bupati terpilih 2016-2021 yakni

"Terwujudnya Rokan Hilir sebagai Kawasan Industri Guna Menuju Masyarakat Madani dan Mandiri yang Sejahtera".

Bahkan untuk mencapai visi tersebut telah disusun sebanyak 5 poin Misi Pembangunan Pemkab Rokan Hilir diantaranya. Membanguan masyarakat Rokan Hilir yang berbudaya melayu, berakhlak, beriman dna bertakwa. Mengembangkan industri Hulu dan Hilir sebagai alternatif pengganti sumber pendapatan daerah yang selama ini bersumber dari Migas sekaligus membuka lapangan kerja baru. Misi dalam poin ketiga menjelaskan, untuk mengembangkan sumber daya manusia berakualitas melalui peningkatan derjat kesehatan dan derajat pendidikan indivisu dan masyarakat. Mengedepankan prinsip Good Governance untuk pelayanan kepada masyarakat dan peningkatan iklim investasi. Poin kelima, Misi yang disususun untuk mengembangkan perekonomian yang bertumpu pada perluasan pembangunan infrastruktur pedesaan dan perkotaan untuk pengembangan pertanian, perikanan, perkebunan dna peternakan dengan penekanan kepada peningkatan pendapatan dan kemandirian masyarakat.

"Jadi untuk mewudukan visi dan misi itu harus menyiapkan tenaga ahli dalam bidangnya dan salah satu tempat untuk menimba ilmu adalah Universitas Riau,'' kata Bupati.

Penandatangan dilakukan oleh Bupati bersama Rektor Universitas Riau dan dihadiri oleh Plt Sekda Rohil Surya Arfan, Kepala Bappeda Hm Job Kurniawan dan sejumlah pejabat Rohil dan petinggi Universitas Riau

(said/adv)

Berita Lainnya

Index