Rabu , Gusri Efendi Dilantik Jadi Ketua Definitif

Rabu , Gusri Efendi Dilantik Jadi Ketua Definitif

WahanaRiau.Com - Dumai - Jika tak ada aral melintang, ketua DPRD kota Dumai yang saat ini masih bersifat sementara, akan dilantik menjadi ketua DPRD definitif, Rabu (22/10) mendatang.

Hal itu disampaikan ketua sementara DPRD Dumai, Gusri Effendi ketika ditemui WahanaRiau di ruang kerjanya, Jum’at (17/10) yang lalu. Dikatakan Gusri, pihaknya menjadwalkan akan menggelar sidang paripurna istimewa pelantikan pimpinan definitif pada Rabu mendatang.

“Rencana tersebut menindaklanjuti SK persetujuan pimpinan definitif telah ditandatangani oleh plt gubernur Riau, H. Arsyadjuliandi Rachman. Dijadwalkan pelantikan pada Rabu besok dalam paripurna istimewa DPRD,” ungkapnya.

Sementara itu, untuk pelaksanaan pelantikan tersebut, pihak sekretariat DPRD Dumai sejauh ini telah melakukan sejumlah persiapan teknis dan membuat undangan yang akan disebar nantinya. “Pihak sekretariat sudah mempersiapkan pelaksanaan paripurna ini,” ujarnya.

Menurutnya, DPRD sangat mengapresiasi Gubernur Riau yang telah menyelesaikan SK penetapan pimpinan defenitif ini, karena akan mempercepat kinerja pembentukan alat kelengkapan lembaga yang telah disusun.

Sebab, dengan pelaksanaan pelantikan ini maka diharapkan semua anggota, unsur pimpinan dan alat kelengkapan lembaga dapat segera bekerja sesuai tugas dan kewenangan yang ditetapkan. ”Paripurna pelantikan ini diharapkan berjalan lancar dan kondusif demi kebaikan bersama,” harapnya.

Menurutnya, DPRD telah menyusun draft sejumlah alat kelengkapan, seperti komisi, badan kehormatan, badan anggaran, badan musyawarah dan badan legislasi yang secepatnya akan ditetapkan pasca pelantikan pimpinan defentitif.

DPRD Dumai sebelumnya telah mengusulkan tiga pimpinan definitif, yaitu Gusri Effendi dari Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP), Idrus dari Partai Gerakan Rakyat Indonesia (Gerindra) dan Zainal Abidin dari Partai Amanat Nasional (PAN).

Penetapan anggota yang akan menduduki kursi ketua dan dua wakil ketua DPRD ini berdasarkan perolehan suara terbanyak partai politik (Parpol) pada pemilu Legislatif (Pileg) April lalu.

Lembaga wakil rakyat ini juga telah menyelesaikan pembentukan fraksi, terdiri dari enam fraksi murni dan dua fraksi gabungan. (Nov)

Berita Lainnya

Index