Aktivis Ratna Sarumpaet Diduga Ditangkap Polisi

Aktivis Ratna Sarumpaet Diduga Ditangkap Polisi
Ratna Sarumpaet diamankan kepolisian saat berada di sekitar Jalan MH Thamrin, Jakarta. Beberapa tokoh lain, Ahamad Dhani dan Rachmawati juga diamankan. (CNN Indonesia/Djonet Sugiarto)

JAKARTA (WAHANARIAU) -- Sejumlah tokoh masyarakat diamankan pihak kepolisian saat berada tak jauh dari lokasi Aksi Bela Islam III. Beberapa di antaranya Ratna Sarumpaet, Ahmad Dhani, dan Rachmawati Soekarno Putri.

Pimpinan Advokat Cinta Tanah Air Habiburokhman mengatakan, saat ini pihaknya sedang mendampingi Ratna Sarumpaet. Dia saat ini sedang mengikuti mobil yang membawa Ratna. Walaupun demikian, dirinya masih belum mengetahui alasan 'pengamanan' tersebut.

"Ini masih dalam perjalanan, enggak tahu dibawa ke mana, saya masih mendampingi di belakang (mobil). Yang saya tahu Ratna Sarumpaet, tapi infonya Ahmad Dhani juga dibawa," kata Habiburokhman, dilansir CNN Indonesia, Jumat (2/12/2016).

"Kata Ramdan Alamsyah, yang juga ditangkap dengan Bu Rachmawati, infonya juga ditangkap," tambahnya.

Dia menjelaskan, Ratna diciduk polisi saat berada di sekitar Hotel Sari Pan Pasific, Jalan MH Thamrin, Jakarta Pusat. Menurut Habiburokhman, mereka diamankan sekitar pukul 07.00 WIB. Dia menyampaikan, mereka akan dibawa ke Polda Metro Jaya.

"Tadi dari Sari Pan Pasific sudah datang, nunggu sejam polisinya, kita tadi katanya mau dibawa ke Polda, tapi enggak tahu ini masuk tol Cibubur ke arah tol Pondok Indah," katanya.

Kolega Ratna, Inge Mangundap membenarkan penangkapan tersebut. Menurutnya, penangkapan itu dilakukan karena polisi menganggap Ratna melakukan upaya makar.

Di sisi lain, massa yang mengikuti aksi 2 Desember yang digagas Gerakan Nasional Pengawal Fatwa Majelis Ulama Indonesia (GNPF MUI) mulai memadati Monas. Mereka akan mengadakan aksi doa bersama atau istigasah.

Massa mengenakan atribut serba putih dan berbagai atribut lainnya seperti ikat kepala berwarna merah dan putih, sorban, dan sarung kotak-kota. Mereka datang dari berbagai arah menuju Monas. (CNN Indonesia)

Berita Lainnya

Index