Kepala Rutan Sialang Bungkuk Dicopot

Kepala Rutan Sialang Bungkuk Dicopot

PEKANBARU - Dirjen Permasyarakatan Kemenkumham RI I Wayan Kusmiantha Dusak saat memberikan keterangan menjelaskan, seluruh petugas rutan terancam diganti. Bahkan Kepala Rutan Sialang Bungkuk sudah ditunjuk pelaksana hariannya. 

"Hari ini kita sudah buat surat tugas atau surat keputusan serta menunjuk Pelaksana Harian (PLH)," ujar Dirjen Permasyarakatan Kemenkumham RI I Wayan Kusmiantha Dusak, Sabtu (06/05/17).

Lanjutnya, penggantian ini juga terkait permintaan para tahanan. Sementara untuk petugas yang terkait dengan pungli masih terus didalami.

Sementara, pemindahan tahanan ini merupakan agenda guna mengurangi kapasitas rutan ini sendiri. "Ini juga jawaban dari 16 tuntutan para tahanan. Untuk pemindahan akan kita lakukan di seluruh Lapas yang ada di Riau. Bahkan jika tidak mencukupi akan kita kirim ke luar Riau," jelasnya.

Diinformasikannya, dari jumlah total tahanan sebanyak 1870 tahanan. Sedangkan jumlah petugas sebanyak 54 petugas, 20 di antaranya yaitu petugas pengamanan. Jadi diperkirakan 1 banding 20 tahanan.

Sementara yang saat ini tertangkap sekitar 213 tahanan dari total yang melarikan diri adalah 448 tahanan. Jadi, ada sekitar 234 tahanan lagi yang saat tengah dilakukan pengejaran.

"Saat ini kita fokus melakukan pengejaran ini. Sementara kondisi rutan sudah kondusif. Dan akan ambil langkah-langkah dan tindakan untuk memenuhi hak-hak dan permintaan tahanan," singkatnya.

Sumber : Riaupembaruan

Berita Lainnya

Index