Ini Ritual Rossi Sebelum Balapan

Ini Ritual Rossi Sebelum Balapan
Ritual jongkok selalu dilakukan Valentino Rossi sebelum menunggangi sepeda motor. (AFP PHOTO / JOE KLAMAR)

JAKARTA (Wahanariau) - Pebalap veteran MotoGP, Valentino Rossi, menjelaskan salah satu ritual yang selalu dilakukannya sebelum menunggangi sepeda motor. Pebalap Movistar Yamaha itu membantah dirinya berbicara dengan sepeda motor.

Salah satu ritual yang dilakukan Rossi sebelum menunggangi sepeda motor adalah jongkok sambil memegang pijakan kaki sepeda motor sebelah kanan. Rossi terkesan 'berbicara' kepada sepeda motor dan berdoa sebelum balapan.

Dalam konferensi pers GP Inggris, akhir pekan lalu, Rossi membantah berbicara dengan sepeda motor dalam ritualnya. Pebalap asal Italia itu mengungkapkan kebiasaan jongkok sebelum menunggangi sepeda motor sudah dilakukannya sejak masih kecil.

“Itu adalah gerakan yang sudah saya lakukan sejak awal karier saya, 34 tahun yang lalu. Di awal karier saya tidak punya kostum balap dengan ukuran saya. Saya tetap menggunakan kostum balap, tapi tidak dibuat sesuai dengan tubuh saya,” ujar Rossi.

Seiring dengan waktu, Rossi mengatakan kebiasaannya itu menjadi seperti ritual sebelum balapan. Tidak ada alasan khusus yang dimiliki Rossi, hanya agar membuatnya nyaman.

“Gerakan itu hanya agar kostum balap yang saya kenakan berada di posisi yang benar. Setelah bertahun-tahun saya terus melakukan gerakan itu hanya untuk ritual agar mendapatkan konsentrasi yang tepat, tapi saya tidak pernah berbicara dengan sepeda motor. Tidak dalam momen itu,” ucap Rossi.

Masih ada sejumlah ritual yang dilakukan Rossi sebelum balapan. Mulai dari menyaksikan start balapan Moto3, membungkuk sebelum naik motor, serta selalu menaiki sepeda motor dari sebelum kanan dan turun dari sebelah kiri.

Rossi juga sering terlihat membenahi kostum yang dikenakannya pada bagian bokong, baik sebelum atau sesudah menunggangi sepeda motor. (rdk/cnni)

#MotoGP

Index

Berita Lainnya

Index