Jokowi Bertemu PM Singapura, Ada 4 Agenda yang Dibahas

Jokowi Bertemu PM Singapura, Ada 4 Agenda yang Dibahas
Presiden Jokowi saat memberikan keterangan pers terkait perkembangan situasi di Rakhine State, Myanmar, 3 September 2017. Presiden mengecam segala bentuk kekerasan etnis di Myanmar.

JAKARTA (Wahanariau) --Presiden Joko Widodo dijadwalkan menggelar beberapa pertemuan dengan Perdana Menteri Singapura Lee Hsien Long pada Kamis, 6 September 2017. Mengawali pertemuan kedua pemimpin negara, Jokowi dan PM Long akan jalan pagi bersama di Singapore Botanical Garden.

Tak sekedar berjalan pagi, dari siaran pers yang diterima Tempo, keduanya akan menanam pohon bersama. Agenda pagi itu akan diakhiri dengan santap pagi bersama.

Di siang hari, pertemuan berlanjut antara rombongan presiden dengan sejumlah delegasi Singapura. Pada pertemuan itu para perwakilan membahas sejumlah nota kesepahaman. Dua hal yang menjadi pembahasan ialah di bidang manajemen penanganan bencana dan pendidikan.

Menteri Luar Negeri Retno Marsudi mengatakan ada empat hal utama yang dibahas dalam pertemuan antara Presiden Jokowi dengan PM Long. "Akan membahas soal investasi, pariwisata, energi dan digital ekonomi," kata Retno.

Jokowi juga direncanakan menghadiri Singapore-Indonesia Business Investment Forum. Sebelum kembali ke Indonesia, Jokowi juga akan menggelar pertemuan one on one dengan pimpinan perusahaan terkemuka.

Akan ada perayaan sebagai peringatan hubungan bilateral Indonesia-Singapura yang sudah menginjak 50 tahun. Presiden bersama Ibu Negara akan menuju Marina Bay Cruise Center untuk menyaksikan pertunjukan Joint Fly-Past antara TNI dengan Singapore Air Force. "Ini acara yang sangat khusus karena memperingati 50 tahun hubungan bilateral kedua negara," ujar Menteri Retno. (tempo)

Berita Lainnya

Index