INFOTORIAL

Wawako Dumai Buka Sosialisasi Percepatan PUG

Wawako Dumai Buka Sosialisasi Percepatan PUG

DUMAI - Asisten Deputi Kesetaraan Gender Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak RI Ratna Susianti hadir sebagai narasumber pada acara sosialisasi percepatan pengarusutamaan gender (PUG) di Hotel Grand Zuri Dumai Senin (26/2/2018).

Dalam pemaparannya, Ratna Susanti mengatakan upaya percepatan pelaksanaan PUG mengacu pada Inpres Nomor 9 Tahun 2000 tentang PUG. “Kegiatan ini untuk mensukseskan program PUG seperti yang diamanat kan dalam Inpres Nomor 9 Tahun 2000 tentang PUG.” Katanya.

Dijelaskannya, Saat ini keadilan dan kesetaraan gender telah menjadi prioritas utama dalam pembangunan nasional dan masuk kedalam 10 program Perioritas Pemerintab karena dalam bidang pengarutamaan gender merupakan strategi untuk mendorong terwujudnya pendidikan yang adil dan setara dengan memperhatikan masalah kebutuhan dan aspirasi perempuan serta laki-laki. Paparnya

Ratna Susianti juga menegaskan bahwa Pengarustamaan gender ini wajib dilaksanakan untuk itu butuh komitmen bersama seluruh OPD dilingkup Pemko Dumai agar program tersebut dapat berjalan dengan baik. 

Yang kita harapkan dari pertemun ini adalah OPD terkait dapat mengambil keputusan untuk bersama-sama memastikan dalam sistem perencanaan pembangunan nantinya bisa memperhatikan kepentingan masyarakat, disitu ada orang tua, anak- anak laki-laki dan perempuan, lansia, disabilitas.

Melalui kegiatan ini juga ada beberapa OPD yang menandatangani MoU dukungan program PUG diantaranya Bappeko Dumai selaku penyusun mekanisme perencanaan, Badan Pengelola Keuangan dan Aset Daerah untuk menyusun penganggaran dan Dinas PPPA Kota Dumai selaku landing sektor utama program tersebut. Terakhir adalah Inspektorat untuk melakukan audit kualitas kebijakan dan program. Tutupnya.

Sementara wakil walikota Dumai Eko Suharjo SE dalam sambutannya mendukung dilaksanakannya kegiatan sosialisasi percepatan pengarusutamaan gender. 

“Atas nama Pemko Dumai saya mendukung dilaksanakannya kegiatan sosialisasi percepatan pengarusutamaan gender. Semoga apa yang menjadi tujuan dari dilaksanakannya kegiatan ini dapat terlaksana dengan baik.” Harap Wawako

Pesan wawako, untuk mensukseskan PUG Dinas PPPA selaku landing sektornya agar dapat melaksanakan tupoksinya dengan baik, selanjutnya mengevaluasi kegitan yang sudah berjalan. Dalam mengambil kebijakan jangan setengah - setengah harus terukur dan terencana dengan baik. Dan Instansi terkait lainnya agar memikirkan bagaimana caranya menjadikan PUG sebagai program perioritas.

Masih kata wawako, evaluasi harus dilakukan secara berkala agar program tersebut dapat berjalan dengan baik sesuai dengan apa yang kita rencanakan agar visi Dumai menjadikan Dumai kota makmur dan madani dapat terwujud. Pesan wawako.

Diakhir acara, Wawako Dumai, Inspektur Inspektorat Kota Dumai, Kepala Bappeko Dumai, Kepala Dinas PPPA dan Kepala Badan Pengelola Keuangan dan Aset Daerah menandatangani Komitmen bersama untuk menaukseskan program percepatan pengarusutamaan gender di Kotab Dumai menuju Dumai kota makmur madani.

Sosialisasi dibuka oleh Wakil Walikota Dumai Eko Suharjo SE dihadiri Kepala OPD dilingkup Pemerintah Kota Dumai, seperti Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Kota Dumai (PPPA) Dameria, Kepala Bappeko Dumai Muhammad Syafii.

Kemudian, Kepala Badan Pengelola Keuangan dan Aset Daerah Yufrizal, Kepala Dinas Kependudukan dan Caratan Sipil Suardi, Kepala Dinas Pendidikan Kota Dumai H Sya’ari, Kepala Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Hadiyono, Kepala Dinas Perikanan, Kepala BPBD Kota Dumai, Camat dan Lurah se Kota Dumai dan Kepala OPD lainnya.*** (Infotorial/Humas)

#Pemko Dumai

Index

Berita Lainnya

Index