Kebutuhan Riset Butuh Dukungan Nyata

Kebutuhan Riset Butuh Dukungan Nyata

JAKARTA - Kebutuhan riset harus didukung supaya para peneliti dapat lebih fokus untuk menghasilkan temuan-temuan yang bermanfaat bagi kemajuan Indonesia.

Hal ini ditegaska Wakil Ketua DPR RI Fadli Zon usai menerima Forum Nasional Profesor Riset di Gedung DPR RI, Senayan, Jakarta, Selasa (13/3/2018).

Menurut Fadli, kebutuhan riset di Indonesia kurang mendapatkan perhatian berbeda jauh dari negara maju yang mendukung setiap kegiatan para penelitinya dalam menciptakan suatu inovasi.

Anggaran bagi para peneliti di Indonesia, sambung politisi Gerindra ini, masih sangat kecil. Ia menyatakan banyak para peneliti yang kurang mendapatkan perhatian.

BACA : Keinginan Bambang Soesatyo Perbaiki Hubungan DPR-KPK

“Para peneliti itu adalah National Treasure atau bagian dari sebuah bangsa dan negara karena mereka bisa menghasilkan suatu inovasi teknologi serta temuan-temuan yang bisa mengangkat nama bangsa dan juga bermanfaat bagi masyarakat baik di bidang pangan, industri dan juga kebutuhan sehari-hari,” kata Fadli Zon.

Oleh karena itu, dia memandang perlu pembentukan suatu dewan riset yang dapat mengkoordinasikan semua kegiatan penelitian.

“Pembentukan dewan riset itu perlu sehingga para peneliti bisa mendapatkan perhatian yang lebih dalam menciptakan suatu inovasi,” papar legislator dapil Jawa Barat itu.

Sementara itu, Wakil Ketua Komisi X DPR RI Sutan Adil Hendra menilai perlu Undang-Undang Penelitian untuk memberikan payung hukum, terutama guna meningkatkan anggaran dana penelitian.

BACA : Jokowi Ajak Kazakhstan Realisasikan Kemerdekaan Palestina

Berita Lainnya

Index