Indonesia Salah Satu dari Lima Negara Paling Bagus untuk Investasi

Indonesia Salah Satu dari Lima Negara Paling Bagus untuk Investasi
Gedung Perkantoran Ikonik 50 Lantai di Pusat Bisnis Jakarta. (Photo : detikcom)

JAKARTA - Setiap negara memiliki keunikan tersendiri jika dilihat dari masyarakatnya, lingkungan, hingga hubungannya dengan negara lain. Hal itu kemudian menciptakan empat faktor yang diidentifikasi oleh Kelompok Bank Dunia dalam memotivasi individu maupun perusahaan untuk berinvestasi di suatu negara.

Empat faktor tersebut antara lain sumber daya alam, pasar, efektivitas dan terakhir kepemilikan aset strategis seperti teknologi ataupun brand.

Berdasarkan hal itu, US News merilis daftar negara yang merupakan tempat berinvestasi terbaik di dunia. Penilaian tersebut didapat dari lebih 6.000 penanam modal di berbagai negara. Adapun indikator penilaiannya antara lain, lingkungan bisnis dinamis, kestabilan ekonomi, untung yang didapat investor, dan penyedia tenaga kerja terampil yang juga ahli dalam teknologi.

BACA : Perlu Gaet Investasi, Jokowi Minta DPRD Jangan Banyak Bikin Perda

Dilansir dari laman US News, Selasa (6/3/2018), lima negara terbaik yang menjadi sasaran para penanam modal antara lain:

1. Filipina
Peringkat teratas dari daftar ini ditempati oleh Filipina. Sebabnya, negara ini terus menunjukkan perkembangan ekonomi yang semakin baik. Bahkan dalam beberapa tahun ke depan, negara ini bisa mendapat kucuran dana investasi asing dari negara-negara adidaya seperti China.

2. Indonesia
Berdasarkan data PBB, Indonesia menjadi negara paling menjanjikan bagi investor asing yang ingin menanam modal. Upaya pembaruan kebijakan dan juga performa ekonomi yang baik menjadi daya tarik bagi penanam modal asing.

BACA : ''Investasi'' Ijon Politik dalam Pencaturan Pilkada

3. Polandia
Di tengah perubahan dan ketidakpastian kondisi ekonomi dunia, Polandia merupakan negara yang paling stabil bagi para investor. Bank Dunia memprediksi bahwa perekonomian negara tersebut akan tetap bertahan meski diguncang masalah di kawasan seperti Brexit dan krisis pengungsi.

4. Malaysia
Tenaga kerja yang terampil dan juga pemerintahan yang pro-bisnis membuat Malaysia menjadi tempat menanam modal terbaik di dunia. Hingga kini, Malaysia masih menjadi negara penerima dana investasi asing terbesar berdasarkan data PBB. Situs yang dibuat pemerintah membuat pebisnis bisa mengetahui intensif apa saja yang bisa didapat saat berinvestasi di negara tersebut.

BACA : Jokowi Dorong Pengusaha Australia Berinvestasi di ASEAN

5. Singapura
Sebagaimana diketahui, Singapura merupakan negara yang memiliki sumber daya manusia cerdas dan juga berpendidikan. Di negara tersebut, berbagai insentif juga ditawarkan kepada para pebisnis yang ingin berinvestasi mulai dari pengoptimalan penggunaan lahan dan inovasi teknologi.

Meski tergolong negara kecil, negara tersebut menjadi sasaran utama bagi pebisnis asing dalam menjadikannya sumber investasi. (mdk/mdk)

BACA : Penyederhanaan Regulasi TKA Dorong Investasi

Berita Lainnya

Index