• Follow Us On : 

Memanah Miliki Kaitan Erat Dengan Peradaban Islam


Dedek Pratama | Senin,16 April 2018 - 19:40:13 WIB
Dibaca: 213 kali 
Memanah Miliki Kaitan Erat Dengan Peradaban Islam

INHIL- ”Ajarilah anak-anak kalian berkuda, berenang, dan memanah,” (HR Bukhari, Muslim). ”Lemparkanlah (panah) dan tunggangilah (kuda).”(HR Muslim).

Akan hal di atas, Kak Aan selaku pengurus Kwartir Cabang (Kwarcab) 04.02 Kabupaten Indragiri Hilir (Inhil) mengambil kesimpulan, di salah satu olahraga yang dianjurkan oleh Rasulullah SAW. Dari hadits tersebut, terlihat dengan jelas bahwa memanah memiliki kaitan yang sangat erat dengan peradaban Islam.

Pada masa Rasulullah dan khulafaur rasyidin, panah dan memanah menjadi sarana penting untuk berperang. Keahlian memanah memberi sumbangsih besar kepada kaum Muslimin dalam memetik kemenangan di berbagai medan perang.

"Latihan memanah ini kami beri nama Scout Archery, serta panahan yang kita lakukan di lingkungan Kwarcab ini terbuka untuk umum, bagi siapa saja yang ingin belajar memanah mari datang keKwarcab. Apalagi untuk kaum-kaum muda," ucap Aan, Senin (16/4/2018) pagi, disela latihan memanah. 

Selain erat dengan peradaban Islam, memanah ternyata memiliki berbagai manfaat untuk kesehatan, baik untuk fisik maupun mental.

Seperti meningkatkan koordinasi tangan dan mata, serta keseimbangan, Meningkatkan fleksibilitas tangan dan jari, membangun kekuatan tubuh, meningkatkan kesabaran, meningkatkan fokus, membangun kepercayaan diri, merupakan olahraga sosial, merupakan bentuk latihan kebugaran, merelaksasi tubuh, serta merupakan olahraga yang dapat dimainkan semua orang.

Di sela itu, nampak terlihat gadis canggung cantik rupawan yang ahli dalam memanah, sasaran demi sasaran dalam membidik arah selalu ditancapkan dengan tepat sasaran, Ia dia Yaya seorang pelajar. Kegiatan panahan yang ia tekuni sejak adanya latihan memanah di Kwarcab sekitar 3 bulan lalu sampai sekarang.

"Alhamdullah kwarcab Inhil menyediakan tempat bagi kami kaum muda untuk berlatih dengan tekun," ucap Yaya. 

Kemudian, Yaya berharap agar kegiatan memanah ini berkelanjutan dan kaka-kaka yang ada di Kwarcab bisa terus membina kaula muda agar menjadi pemanah yang handal serta mempunyai jiwa yang tenang seperti saat hendak membidik panah.

"Dengan latihan yang rutin ini, semoga saya bisa mewujudkan mimpi menjadi pemanah perempuan yang handal," harapnya.

Kegiatan memanah ini dilaksanakan pada sore hari, dan pagi hari jika tidak ada kegiatan lainnya, kemudian jika ada kegiatan kePramukaan kegiatan distopkan untuk sementara. (Dex)


Akses Wahanariau.com Via Mobile m.Wahanariau.com
Untuk Berbagi Berita / Informasi / Peristiwa
Silahkan SMS ke nomor HP : 085271472010
atau email ke alamat : [email protected]
Harap camtumkan detail data diri Anda
Pengutipan Berita dan Foto, Cantumkan Wahanariau.com Sebagai Sumber Tanpa Penyingkatan
TULIS KOMENTAR
BERITA TERKAIT
BERITA LAINNYA
Rabu,18 Juli 2018 - 23:36:49 WIB

New Ruckus R730 is the First IoT- and LTE-ready 802.11ax Access Point for Stadiums, Public Venues, Train Stations and Schools

Company also launches Ultra-High Density Technology Suite that enhances network performance and WPA3

Rabu,18 Juli 2018 - 23:29:58 WIB

Light Rail Transit, Angkutan Massal Untuk Mewujudkan Interkoneksi Antarmoda

JAKARTA - Pembangunan Light Rail Transit (LRT) merupakan bagian dari sistem angkutan massal dan sala

Rabu,18 Juli 2018 - 13:04:01 WIB

Kepala Daerah Yang Maju Capres/Cawapres Harus Kantongi Izin Presiden

JAKARTA - Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) mengingatkan, kepala daerah yang akan maju menjadi c

BERGABUNG DI SINI
KABAR POPULER
IKUTI BERITA KAMI