Dumai Line 3 Kandas di Tanjung Sekodi, Penumpang Dievakuasi Jalan Kaki

Dumai Line 3 Kandas di Tanjung Sekodi, Penumpang Dievakuasi Jalan Kaki
Kondisi KMV Dumai Line 3 yang kandas di Perairan Tanjung Sekodi (Halloriau)

BENGKALIS (WR) - Motor Vessel (MV) Dumai Line 3 yang berangkat dari Batam tujuan Dumai, Selasa (15/11/2016), sekitar jam 13.30 wib kandas di perairan Selat Asam Tanjung Sekodi Kabupaten Kepulauan Meranti. Dalam kejadian ini tidak ada korban jiwa dan ratusan penumpang saat ini dievakuasi ke kapal lain.

Salah seorang penumpang MV Dumai Line 3 Said Busra ketika dihubungi mengatakan bahwa kejadian ini seharusnya tidak perlu terjadi,  karena rute yang dilalui saat ini bukan rute pelayaran yang selalu dilewati oleh kapal.

" Lokasi kapal yang kandas atau disebut juga beting bukan jalur yang selalu dilewati, dari informasi pihak kapal menjemput penumpang yang merupakan saudara dari pemilik kapal," ujar Said, dilansir Halloriau.

Dijelaskannya bahwa sekitar pukul 13.00 wib kapal sudah sampai dipelabuhan Selat Panjang dan metika melanjutkan perjalanan ke Bengkalis, kapal merubah rute karena Capten kapal belum memahami perairan di selat tersebut maka kapal salah arah dan kemudian kandas ditengah laut.

" Seharusnya pihak kapal tidak boleh seenaknya merubah rute, walaupun yang dijemput adalah penumpang dari pemilik kapal dan akibatnya kami yang dirugikan dan tidak ada korban jiwa," katanya lagi.

Untuk evakuasi kata Said, ratusan penumpang dipindahkan ke kapal lain dibantu oleh Pol Air dari selat panjang dan evakuasi memakai kapal kecil lalu dipindahkan ke MV Dumai 19.

" Bayangkan ditengah laut kami bisa berjalan kaki dan evakuasi dibantu oleh Pol Air memakai kapal pancung untuk dipindahkan ke MV Dumai 19," katanya lagi. (Halloriau)

Berita Lainnya

Index