Desa Teluk Nibung Merupakan Desa Penyumbang Kelapa Terbesar Di Inhil

Desa Teluk Nibung Merupakan Desa Penyumbang Kelapa Terbesar Di Inhil
TEMBILAHAN (WR) - Desa Teluk Nibung, Kecamatan Pulau Burung Kabupaten Indragiri Hilir (Inhil), Riau merupakan salah satu Desa yang kaya dengan hasil alam disektor perkebunan.
 
Hal tersebut diungkapkan kepala Desa Teluk Nibung, Adenan saat dikonfirmasi, Jumat (23/12).
 
Adenan mengutarakan, Kabupaten Inhil yang dikenal sebagai negeri hamparan kelapa dunia dengan tingginya hasil produksi kelapa yang diperoleh, salah satunya bersumber dari desa Teluk Nibung yang merupakan daerah pemyumbang terbesar komoditas perkebunan khususnya kelapa.
 
Masyarakat di sana kata Adenan, tidak sedikit mengharapkan hasil perkebuan untuk meningkatkan taraf hidup mereka, meski di sana juga terdapat masyarakat yang bekerja sebagai karyawan PT namun pada umumnya mereka tetap mengandalkan hasil perkebunan untuk meningkatkan perekonomian mereka.
 
"Bisa dikatakan 90 Persen masyarakat di sini merupakan seorang petani," ungkap Adenan.
 
Melihat kondisi ini kepala Desa Teluk Nibung sangat memprioritaskan beberapa pembangunan fisik di daerah yang ia pimpin terutama yang menyangkut penting dengan perekonomian masyarakat.
 
"Sebagai karyawan PT masyarakat kami harus menempuh jarak hingga keluar wilayah desa untuk bekerja sebagai karyawan PT maka kami sangat memprioritaskan pembangunan Jalan penghubung 13 desa dan penghubung Kecamatan," katanya.
 
Melalui akses ini, kata dia, masyarakat juga lebih mudah untuk menjual hasil perkebunan mereka hingga ke daerah Kecamatan.
 
Selain itu, pembangunan lain yang ikut diprioritaskan adalah pembuatan tanggul dan pintu klep.
 
"Sejumlah pembangunan infrastruktur perkebunan seperti pembuatan tanggul dan pintu klep juga kita prioritaskan, mengingat tingginya tingkat kerusakan kebun kelapa masyarakat setempat," jelasnya.
 
Ia mengatakan sangat perlu adanya penanggulangan untuk menekan tingkat kerusakan, karena jika kerusakan terus meningkat maka akan berpengaruh terhadap rendahnya hasil produksi kelapa, jika produksi kelapa rendah otomatis pendapatan masyarakat juga akan menurun.
 
"Untuk itulah, kita sangat berupaya merealisasikan program prioritas pembangunan ini," ungkapnya.
 
Untuk pembuatan tanggul lanjutnya, saat ini sudah dilakukan pembangunan, sedangkan pembuatan pintu klep masih dalam perencanaan.
 
"Semoga di tahun 2017 apa yang kita harapkan dapat direalisasiakndirealisasikan," katanya mengakhiri.
 
adv

#DMIJ

Index

Berita Lainnya

Index