• Follow Us On : 

Dari APBD Kabupaten Inhil, Pemkab Alokasikan Rp. 23,4 Milyar Dana Bantuan Bagi Madrasah Dan Ponpes


Dedek Pratama | Senin,13 Maret 2017 - 19:00:28 WIB
Dibaca: 1451 kali 
Dari APBD Kabupaten Inhil, Pemkab Alokasikan Rp. 23,4 Milyar Dana Bantuan Bagi Madrasah Dan Ponpes Bupati Kabupaten Inhil, HM Wardan

Tembilahan - Bersumber dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Kabupaten Indragiri Hilir (Inhil), Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Inhil mengalokasikan Rp. 23,4 milyar dana bantuan bagi Madrasah dan Pondok Pesantren (Ponpes) di tahun 2017 ini.

Sebelumnya, pihak Pemkab Inhil telah mengupayakan alokasi dana bantuan bagi madrasah dan ponpes melalui Bantuan Keuangan (Bankeu). Namun, harapan tersebut kandas, karena tim verifikasi Bankeu Provinsi Riau menganulir pengajuan usulan bantuan terkait. Sebab, dianggap tidak sesuai dengan Peraturan Gubernur yang berlaku.

“Walaupun kita tidak mendapatkan melalui bantuan keuangan (Bankeu) Provinsi Riau untuk madrasah dan pondok pesantren namun kita tetap menganggarkan melalui APBD Kabupaten Indragiri Hilir,” ujar Bupati Inhil, HM Wardan menanggapi adanya tudingan dari beberapa pihak yang mengatakan Pemkab Inhil bertindak diskriminatif dalam urusan pengalokasian dana bantuan, Sabtu (12/3/17)

Untuk itu, di tahun ini, HM Wardan memastikan, pemberian bantuan untuk madrasah dan ponpes tanpa kendala, karena sudah tertuang di dalam APBD Tahun Anggaran 2017 ini.

Lebih lanjut, Wardan mengimbau, agar masyarakat jangan terprovokasi dengan anggapan atau pandangan dari beberapa pihak yang hanya menilai dari selembar surat yang tidak utuh, sehingga membuat masalah menyeruak di medsos baru-baru ini.

"Padahal, kita (Pemkab, red) sangat berkomitmen memberikan layanan terhadap kebutuhan masyarakat, terutama di dunia pendidikan baik sekolah negeri maupun madrasah dan ponpes, karena semuanya sama untuk kebutuhan masyarakat dan wujud kepedulian kita sudah dibuktikan melalui Penghargaan Kementerian Agama kepada 11 Bupati/Walikota se-Indonesia yang salah satunya adalah Bupati Inhil dan  satu-satunya di Provinsi Riau pada saat itu," ujarnya.

Kala penghargaan diberikan, diungkapkan Wardan, Dirjen Pendidikan Islam berpandangan, Pemkab Inhil merupakan salah satu pihak yang peduli dan berkomitmen dalam memajukan dunia pendidikan di setiap madrasah dan Ponpes yang tersebar di Kabupaten Inhil.

Selaras, Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Indragiri Hilir, Drs. H. Syaifuddin MP membenarkan, bahwa pihak Pemkab Inhil senantiasa mengalokasikan anggaran untuk madrasah dan ponpes setiap tahunnya melalui APBD Kabupaten Inhil.

"Jadi, memang keliru jika ada pihak-pihak yang mengatakan bahwa Bupati Indragiri Hilir 'menganak-tirikan' madrasah dan ponpes," tukasnya.

Menurut Syaifuddin, meski bantuan tidak dapat mengakomodir seluruh kebutuhan dari madrasah dan ponpes hingga menyentuh hal berkenaan dengan operasional yang menjadi kewajiban Kementerian Agama. Namun, Pemkab Inhil tidak menjadikan hal tersebut sebagai alasan untuk sama sekali tidkak memberikan bantuan apapun terhadap madrasah dan ponpes.

"Madrasah dan ponpes memang masih kewenangan Kementerian Agama yang pembiayaan operasionalnya melalui APBN. Untuk itu, kita tidak bisa mengakomodir secara keseluruhan kebutuhan madrasah dan pondok pesantren. Namun, demikian, kita tetap memberikan perhatian dan dukungan sesuai kewenangan yang dapat diberikan oleh Pemerintah Kabupaten Inhil," katanya.

Selain itu, Syaifuddin juga mengatakan, Pemkab Inhil, khususnya Dinas Pendidikan tidak pernah sama sekali bermaksud untuk membeda-bedakan sekolah berdasarkan hal apapun di Kabupaten Inhil, baik sekolah umum maupun madrasah dan ponpes.

"Setiap tahunnya, kita terus menganggarkan berbagai kebutuhan untuk madrasah dan ponpes sesuai kewenangan. Pada APBD tahun ini (2017, red) saja, kita sudah anggarkan untuk 36 sekolah madrasah dan ponpes dengan biaya yang sudah disampaikan oleh Bupati sebelumnya, yakni Rp. 23,4 milyar," tutupnya. (Adv/Dex)


Akses Wahanariau.com Via Mobile m.Wahanariau.com
Untuk Berbagi Berita / Informasi / Peristiwa
Silahkan SMS ke nomor HP : 085271472010
atau email ke alamat : [email protected]
Harap camtumkan detail data diri Anda
Pengutipan Berita dan Foto, Cantumkan Wahanariau.com Sebagai Sumber Tanpa Penyingkatan
TULIS KOMENTAR
BERITA TERKAIT
Jumat,13 Oktober 2017

Legislator Pekanbaru Sarankan Diskes Membuat Layanan Apotek Berbasis Daring

PEKANBARU - Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Kota Pekanbaru menyarankan sudah saatnya Dinas Ke

Rabu,18 Januari 2017

Pembangunan Masjid Al-Hassanah dan Pustaka Hasil Dari Swadaya Masyarakat

PERAWANG (WAHANARIAU) - Pembangunan Masjid Al-Hassanah berlantai dua yang terletak di Jalan M. Ali D

Rabu,26 Februari 2020

Riau Raih Penghargaan Dari Arsip Nasional RI

SOLO - Pemerintah Provinsi (Pemprov) Riau berhasil meraih penghargaan dari Arsip Nasional Republik I

Kamis,02 Maret 2017

Besok, Bupati Bengkalis Terima Penghargaan dari Kapolri

BENGKALIS - Bupati Bengkalis Amrik Mukminin,besok Jumat (03/03/2017) akan menerima penghargaan dari

Minggu,27 Agustus 2017

Diskes Riau Sebut Kasus DBD Menurun Dari Tahun Sebelumnya

PEKANBARU (Wahanariau) - Data Dinas Kesehatan Riau menyebutkan bahwa kasus DBD tahun ini bila diband

Rabu,25 Januari 2017

Dari 21 Orang Kandidat, Terpilih Tujuh Komisioner KPID Riau

PEKANBARU (WAHANARIAU) - Komisi A DPRD Provinsi Riau telah menjaring tujuh Komisioner Terpilih Komis

BERITA LAINNYA
Rabu,13 Januari 2021

South Korean Startup bitsensing Introduces the Smallest Radar for a Health Monitoring System at CES 2021

The mini Healthcare Radar, mini-H, Creates a Safer and More Convenient Monitoring System for Telehea

Selasa,12 Januari 2021

Joinland Group Anticipates Better 2021

New Agricultural Projects Expected To Contribute To Group Revenues MALAYSIA - 12 January 2021 - The

Selasa,12 Januari 2021

Plus Renewables and 424 Capital Enter Into a Merger Agreement for Asset Management Businesses in North America

HONG KONG SAR - 12 January 2021 - Plus Renewable Technologies Limited ("Plus Renewable") t

BERGABUNG DI SINI
KABAR POPULER
IKUTI BERITA KAMI