• Follow Us On : 

Dari APBD Kabupaten Inhil, Pemkab Alokasikan Rp. 23,4 Milyar Dana Bantuan Bagi Madrasah Dan Ponpes


Dedek Pratama | Senin,13 Maret 2017 - 19:00:28 WIB
Dibaca: 1720 kali 
Dari APBD Kabupaten Inhil, Pemkab Alokasikan Rp. 23,4 Milyar Dana Bantuan Bagi Madrasah Dan Ponpes Bupati Kabupaten Inhil, HM Wardan

Tembilahan - Bersumber dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Kabupaten Indragiri Hilir (Inhil), Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Inhil mengalokasikan Rp. 23,4 milyar dana bantuan bagi Madrasah dan Pondok Pesantren (Ponpes) di tahun 2017 ini.

Sebelumnya, pihak Pemkab Inhil telah mengupayakan alokasi dana bantuan bagi madrasah dan ponpes melalui Bantuan Keuangan (Bankeu). Namun, harapan tersebut kandas, karena tim verifikasi Bankeu Provinsi Riau menganulir pengajuan usulan bantuan terkait. Sebab, dianggap tidak sesuai dengan Peraturan Gubernur yang berlaku.

“Walaupun kita tidak mendapatkan melalui bantuan keuangan (Bankeu) Provinsi Riau untuk madrasah dan pondok pesantren namun kita tetap menganggarkan melalui APBD Kabupaten Indragiri Hilir,” ujar Bupati Inhil, HM Wardan menanggapi adanya tudingan dari beberapa pihak yang mengatakan Pemkab Inhil bertindak diskriminatif dalam urusan pengalokasian dana bantuan, Sabtu (12/3/17)

Untuk itu, di tahun ini, HM Wardan memastikan, pemberian bantuan untuk madrasah dan ponpes tanpa kendala, karena sudah tertuang di dalam APBD Tahun Anggaran 2017 ini.

Lebih lanjut, Wardan mengimbau, agar masyarakat jangan terprovokasi dengan anggapan atau pandangan dari beberapa pihak yang hanya menilai dari selembar surat yang tidak utuh, sehingga membuat masalah menyeruak di medsos baru-baru ini.

"Padahal, kita (Pemkab, red) sangat berkomitmen memberikan layanan terhadap kebutuhan masyarakat, terutama di dunia pendidikan baik sekolah negeri maupun madrasah dan ponpes, karena semuanya sama untuk kebutuhan masyarakat dan wujud kepedulian kita sudah dibuktikan melalui Penghargaan Kementerian Agama kepada 11 Bupati/Walikota se-Indonesia yang salah satunya adalah Bupati Inhil dan  satu-satunya di Provinsi Riau pada saat itu," ujarnya.

Kala penghargaan diberikan, diungkapkan Wardan, Dirjen Pendidikan Islam berpandangan, Pemkab Inhil merupakan salah satu pihak yang peduli dan berkomitmen dalam memajukan dunia pendidikan di setiap madrasah dan Ponpes yang tersebar di Kabupaten Inhil.

Selaras, Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Indragiri Hilir, Drs. H. Syaifuddin MP membenarkan, bahwa pihak Pemkab Inhil senantiasa mengalokasikan anggaran untuk madrasah dan ponpes setiap tahunnya melalui APBD Kabupaten Inhil.

"Jadi, memang keliru jika ada pihak-pihak yang mengatakan bahwa Bupati Indragiri Hilir 'menganak-tirikan' madrasah dan ponpes," tukasnya.

Menurut Syaifuddin, meski bantuan tidak dapat mengakomodir seluruh kebutuhan dari madrasah dan ponpes hingga menyentuh hal berkenaan dengan operasional yang menjadi kewajiban Kementerian Agama. Namun, Pemkab Inhil tidak menjadikan hal tersebut sebagai alasan untuk sama sekali tidkak memberikan bantuan apapun terhadap madrasah dan ponpes.

"Madrasah dan ponpes memang masih kewenangan Kementerian Agama yang pembiayaan operasionalnya melalui APBN. Untuk itu, kita tidak bisa mengakomodir secara keseluruhan kebutuhan madrasah dan pondok pesantren. Namun, demikian, kita tetap memberikan perhatian dan dukungan sesuai kewenangan yang dapat diberikan oleh Pemerintah Kabupaten Inhil," katanya.

Selain itu, Syaifuddin juga mengatakan, Pemkab Inhil, khususnya Dinas Pendidikan tidak pernah sama sekali bermaksud untuk membeda-bedakan sekolah berdasarkan hal apapun di Kabupaten Inhil, baik sekolah umum maupun madrasah dan ponpes.

"Setiap tahunnya, kita terus menganggarkan berbagai kebutuhan untuk madrasah dan ponpes sesuai kewenangan. Pada APBD tahun ini (2017, red) saja, kita sudah anggarkan untuk 36 sekolah madrasah dan ponpes dengan biaya yang sudah disampaikan oleh Bupati sebelumnya, yakni Rp. 23,4 milyar," tutupnya. (Adv/Dex)


Akses Wahanariau.com Via Mobile m.Wahanariau.com
Untuk Berbagi Berita / Informasi / Peristiwa
Silahkan SMS ke nomor HP : 085271472010
atau email ke alamat : [email protected]
Harap camtumkan detail data diri Anda
Pengutipan Berita dan Foto, Cantumkan Wahanariau.com Sebagai Sumber Tanpa Penyingkatan
TULIS KOMENTAR
BERITA TERKAIT
Rabu,31 Mei 2017

Hindari Lonjakan Harga Sembako Saat Ramadhan, Ketua DPRD Inhil Minta Disperindag Lakukan Pengawasan Maksimal

TEMBILAHAN - Menghindari lonjakan harga sembako saat bulan suci Ramadhan di Kabupaten Indragiri Hili

Rabu,28 Desember 2016

Dua Pria Ini Dapat Bantuan dari Kapolres Inhil

TEMBILAHAN (WAHANARIAU) -- Kapolres Indragiri Hilir AKBP Dolifar Manurung memberikan bantuan rompi d

Kamis,02 Februari 2017

Sediakan Rp8 Juta ke Pelaku, M Ziqli Baru Bisa Dibawa Pulang Neneknya dari Panti 'Maut'

PEKANBARU (WAHANARIAU) - Lili Rachmawati, pemilik beberapa panti Yayasan Tunas Bangsa dikenal sebaga

Jumat,29 September 2017

BBPOM Pekanbaru Sita Puluhan Ribu Obat Berbahaya dari Puluhan Sarana Kesehatan

PEKANBARU - Balai Besar Pengawasan Obat dan Makanan (BBPOM) Kota Pekanbaru, menyita 63.253 obat yang

Minggu,27 Agustus 2017

Diskes Riau Sebut Kasus DBD Menurun Dari Tahun Sebelumnya

PEKANBARU (Wahanariau) - Data Dinas Kesehatan Riau menyebutkan bahwa kasus DBD tahun ini bila diband

Sabtu,28 April 2018

Tanamkan Ilmu Agama Kepada Anak Mulai Dari Usia Dini

KAMPAR - Menghadiri Wisuda 1500 Siswa dan siswi dari 57 Raudhatul Alhfal se- Kabupaten Kampar, Staf

BERITA LAINNYA
Senin,24 Januari 2022

Hang Lung Properties Commits to Setting Science-Based Targets to Reach Net-Zero Emissions by 2050

HONG KONG SAR - 24 January 2022 - Hang Lung Properties (Stock Code: 00101) (the "Company"

Senin,24 Januari 2022

Hong Kong Rejoins Global Top Ten Data Center Markets, Ranked Second in Asia Pacific

Hong Kong is in sixth position in 2022 data center global rankings Shanghai retains fourth-placed

Senin,24 Januari 2022

Spackman Media Group Artist Lee Cho-Hee Set To Star In Upcoming Korean TV Drama, President Jeong Yak-Yong, Slated To Be Released In February 2022

Represented by MSteam, a wholly-owned subsidiary of Spackman Media Group, Lee Cho-hee of MSteam is

BERGABUNG DI SINI
KABAR POPULER
IKUTI BERITA KAMI