• Follow Us On : 

Dari APBD Kabupaten Inhil, Pemkab Alokasikan Rp. 23,4 Milyar Dana Bantuan Bagi Madrasah Dan Ponpes


Dedek Pratama | Senin,13 Maret 2017 - 19:00:28 WIB
Dibaca: 1844 kali 
Dari APBD Kabupaten Inhil, Pemkab Alokasikan Rp. 23,4 Milyar Dana Bantuan Bagi Madrasah Dan Ponpes Bupati Kabupaten Inhil, HM Wardan

Tembilahan - Bersumber dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Kabupaten Indragiri Hilir (Inhil), Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Inhil mengalokasikan Rp. 23,4 milyar dana bantuan bagi Madrasah dan Pondok Pesantren (Ponpes) di tahun 2017 ini.

Sebelumnya, pihak Pemkab Inhil telah mengupayakan alokasi dana bantuan bagi madrasah dan ponpes melalui Bantuan Keuangan (Bankeu). Namun, harapan tersebut kandas, karena tim verifikasi Bankeu Provinsi Riau menganulir pengajuan usulan bantuan terkait. Sebab, dianggap tidak sesuai dengan Peraturan Gubernur yang berlaku.

“Walaupun kita tidak mendapatkan melalui bantuan keuangan (Bankeu) Provinsi Riau untuk madrasah dan pondok pesantren namun kita tetap menganggarkan melalui APBD Kabupaten Indragiri Hilir,” ujar Bupati Inhil, HM Wardan menanggapi adanya tudingan dari beberapa pihak yang mengatakan Pemkab Inhil bertindak diskriminatif dalam urusan pengalokasian dana bantuan, Sabtu (12/3/17)

Untuk itu, di tahun ini, HM Wardan memastikan, pemberian bantuan untuk madrasah dan ponpes tanpa kendala, karena sudah tertuang di dalam APBD Tahun Anggaran 2017 ini.

Lebih lanjut, Wardan mengimbau, agar masyarakat jangan terprovokasi dengan anggapan atau pandangan dari beberapa pihak yang hanya menilai dari selembar surat yang tidak utuh, sehingga membuat masalah menyeruak di medsos baru-baru ini.

"Padahal, kita (Pemkab, red) sangat berkomitmen memberikan layanan terhadap kebutuhan masyarakat, terutama di dunia pendidikan baik sekolah negeri maupun madrasah dan ponpes, karena semuanya sama untuk kebutuhan masyarakat dan wujud kepedulian kita sudah dibuktikan melalui Penghargaan Kementerian Agama kepada 11 Bupati/Walikota se-Indonesia yang salah satunya adalah Bupati Inhil dan  satu-satunya di Provinsi Riau pada saat itu," ujarnya.

Kala penghargaan diberikan, diungkapkan Wardan, Dirjen Pendidikan Islam berpandangan, Pemkab Inhil merupakan salah satu pihak yang peduli dan berkomitmen dalam memajukan dunia pendidikan di setiap madrasah dan Ponpes yang tersebar di Kabupaten Inhil.

Selaras, Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Indragiri Hilir, Drs. H. Syaifuddin MP membenarkan, bahwa pihak Pemkab Inhil senantiasa mengalokasikan anggaran untuk madrasah dan ponpes setiap tahunnya melalui APBD Kabupaten Inhil.

"Jadi, memang keliru jika ada pihak-pihak yang mengatakan bahwa Bupati Indragiri Hilir 'menganak-tirikan' madrasah dan ponpes," tukasnya.

Menurut Syaifuddin, meski bantuan tidak dapat mengakomodir seluruh kebutuhan dari madrasah dan ponpes hingga menyentuh hal berkenaan dengan operasional yang menjadi kewajiban Kementerian Agama. Namun, Pemkab Inhil tidak menjadikan hal tersebut sebagai alasan untuk sama sekali tidkak memberikan bantuan apapun terhadap madrasah dan ponpes.

"Madrasah dan ponpes memang masih kewenangan Kementerian Agama yang pembiayaan operasionalnya melalui APBN. Untuk itu, kita tidak bisa mengakomodir secara keseluruhan kebutuhan madrasah dan pondok pesantren. Namun, demikian, kita tetap memberikan perhatian dan dukungan sesuai kewenangan yang dapat diberikan oleh Pemerintah Kabupaten Inhil," katanya.

Selain itu, Syaifuddin juga mengatakan, Pemkab Inhil, khususnya Dinas Pendidikan tidak pernah sama sekali bermaksud untuk membeda-bedakan sekolah berdasarkan hal apapun di Kabupaten Inhil, baik sekolah umum maupun madrasah dan ponpes.

"Setiap tahunnya, kita terus menganggarkan berbagai kebutuhan untuk madrasah dan ponpes sesuai kewenangan. Pada APBD tahun ini (2017, red) saja, kita sudah anggarkan untuk 36 sekolah madrasah dan ponpes dengan biaya yang sudah disampaikan oleh Bupati sebelumnya, yakni Rp. 23,4 milyar," tutupnya. (Adv/Dex)


Akses Wahanariau.com Via Mobile m.Wahanariau.com
Untuk Berbagi Berita / Informasi / Peristiwa
Silahkan SMS ke nomor HP : 085271472010
atau email ke alamat : [email protected]
Harap camtumkan detail data diri Anda
Pengutipan Berita dan Foto, Cantumkan Wahanariau.com Sebagai Sumber Tanpa Penyingkatan
TULIS KOMENTAR
BERITA TERKAIT
Jumat,23 Maret 2018
INFOTORIAL

Satu-satunya yang Mampu Selesaikan PMP Online 100 Persen, Pemko Dumai Terima Penghargaan dari LPMP Riau

DUMAI - Pemerintah Kota Dumai melalui Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Kota Dumai kembali

Senin,06 Maret 2017

Bupati Bengkalis: Musrenbang Bagian dari Proses RKPD 2018

BENGKALIS – Bupati Bengkalis, Amril Mukminin, mengatakan bahwa Musyawarah Perencanaan Pembangu

Senin,08 Mei 2017
Malam Puncak HPN Provinsi Riau 2017

Walikota Dumai Terima Anugerah Pin Emas dari PWI Riau

DUMAI - Walikota Dumai Zulkifli AS mendapat anugerah PIN Emas dari PWI Riau pada malam puncak peraya

Senin,26 Februari 2018

40 Peserta Dari 20 Koperasi Ikuti Pelatihan

DUMAI - Sebanyak 40 peserta dari 20 Koperasi yang ada di Kota Dumai mengikuti pelatihan penyusu

Jumat,27 Oktober 2017

H Muhammad Wardan Terima Surat Rekomendasi Dukungan Resmi Dari DPP PAN

Pekanbaru - H Muhammad Wardan menerima surat rekomendasi dukungan resmi dari DPP PAN sebagai ba

Rabu,04 Agustus 2021

KNPI Bakal Dapat Kantor dari Pemkab Rohil

ROHIL – Bupati Rokan Hilir (Rohil) Afrizal Sintong akan meminjam pakai satu unit kantor untuk

BERITA LAINNYA
Jumat,05 Agustus 2022

NTU Singapore and RGE Launch S$6 Million Joint Research Centre to Tackle Textile Waste

SINGAPORE - 5 August 2022 - Nanyang Technological University, Singapore (NTU Singapore)&nb

Jumat,05 Agustus 2022

Bracell Launches One to One Commitment to Support Conservation of Areas of Native Vegetation and Forest in Brazil

Company commits to one hectare of conservation area for every hectare of plantation by 2025 Sever

Jumat,05 Agustus 2022

Rhenus Reaches First Milestone in LCL Carbon-Neutral Journey with Pilot Launch of Carbon Neutrality Label

SINGAPORE - 5 August 2022 - LCL consolidation shipments exported by Rhenus from the Central European

BERGABUNG DI SINI
KABAR POPULER
IKUTI BERITA KAMI