Pegawai BRI di Rohil Bersahabat Dengan Bumi

Pegawai BRI di Rohil Bersahabat Dengan Bumi
zuljamahlil saat memanen ikan miliknya

ROHIL - "Bersahabat dengan bumi" mungkin ini yang sedang dilakukan oleh salah satu pegawai BUMN yang bernama zuljamahlil, saat ini beliau sedang menggeluti usaha kolam ikan patin di Kecamatan Pujud Kabupaten Rokan Hilir Riau.

Usaha ini telah digeluti beberapa bulan yang lalu, untuk usaha kolam ikan saudara zuljamahlil menyediakan lahan miliknya sendiri seluas 1/3 Ha yang memiliki 6 kolam dengan luas 20 x 45 meter setiap kolamnya dengan asumsi setiap kolam memiliki 30 ribu hingga 40 ribu ekor bibit ikan patin.

Untuk pakannya sendiri, saudara zuljamahlil memberikan pelet dan roti setiap harinya. Disamping mudah didapat pakan tersebut baik untuk perkembangan pembibitan ikan patin.

Estimasi modal awal saudara zuljamahlil menjelaskan modal perekor ikan batin sampai panen berkisar Rp.5.000,- s/d Rp.8.000,- perekornya selama 6 bulan. Dari modal yang telah dikeluarkan dibandingkan dengan harga pasaran ikan patin saat ini mencapai Rp.25.000,- perkilonya. Dari selisih modal awal sampai dengan harga jual pasaran, keuntungan bisa diperoleh puluhan hingga ratusan juta rupiah.

"Dari awal memulai usaha ini, tidak dilakukan dengan cara instan, disamping menyediakan lahan juga modal awal pembuatan kolam dan pengisian bibit ikan patin di tambah penyediaan pakan untuk konsumsi ikan harus diperhatikan termasuk sumber air yang akan mengisi kolam tersebut. Yang terpenting adalah keseriusan dan komitmen yang kuat untuk memulai usaha ikan patin tersebut." imbuhnya kepada awak media saat dikonfirmasi.

Kesibukannya menjadi pegawai BUMN plat merah tidak menjadi hambatan baginya untuk tetap berkarya dan bersahabat dengan bumi. Tokoh muda dan inspiratif ini bisa menjadi contoh bagi kita semua untuk bisa bersahat dengan bumi.*** (N.hadi/red)

#Biografi

Index

Berita Lainnya

Index