INFOTORIAL

Tentukan Skala Prioritas Pembangunan, Pemko Dumai Gelar Forum Perangkat Daerah

Tentukan Skala Prioritas Pembangunan, Pemko Dumai Gelar Forum Perangkat Daerah

DUMAI -- Untuk mensinkronisasi prioritas Kecamatan dan Rencana Kerja (Renja) Organisasi Perangkat Daerah (OPD) tahun anggaran 2018, menetapkan prioritas renja OPD serta mempertajam indikator dan target kinerja di Renja OPD.

Dimana paska forum OPD 2017 ini akan dilanjutkan dengan Musrembang tingkat kota Dumai untuk memberikan ruang waktu untuk konsultasi publik yg melibatkan OPD bersama DPRD Kota Dumai.

Dimana pelaksanaan Forum OPD ini dilaksanakan Senin, (6/3/2017) di Gedung Pondopo yang secara resmi dibuka oleh Sekda Kota Dumai H. Muhamad Nasir.

Sambutan Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Dumai menyampaikan forum OPD Kota Dumai ini merupakan salah satu Instrumen penting, alam alur mekanisme perencanaan pembangunan daerah.

"Forum OPD ini sangat penting dalam penyusunan prioritas anggaran tahun 2018. Saya mengharapkan untuk pimpinan OPD terutama yang terkait langsung dengan kepentingan masyarakat agar secara sungguh sungguh mempertimbangkan semua usulan delegasi Kecamatan yang menjadi skala prioritas dan memasukkan ke dalam Rencana Kerja OPD tahun 2018, agar pembangunan dan penempatan anggaran tepat sasaran sesuai skala prioritas yang ada," ujar M Nasir.

Sementara itu diawal sambutannya Kepala Badan Pendapatan Daerah (Bappeda) Kota Dumai menyampaikan, Permintaan maaf sebenarnya Forum OPD ini di laksanakan pada tgl 1 maret Atau tgl 2 maret.

"Forum OPD tahun 2017 merupakan wadah utama antara pelaku pembangunan untuk membahas prioritas kegiatan pembangunan hasil Musrenbang Kecamatan dgn organisasi perangkat daerah dengan tujuan, forum OPD 2017 dapat mensinkronisasi prioritas pembangunan Kecamatan hasil Musrembang Kecamatan dan rencana kerja OPD 2018, menetapkan prioritas Renja OPD 2018 serta mempertajam indikator dan target kinerja di Renja OPD,"ujar Marjono.

Ditambahkan mantan Kadis Kesehatan ini paska forum OPD 2017 ini akan dilanjutkan dengan Musrembang tingkat kota Dumai dan memberikan ruang waktu untuk konsultasi publik yg melibatkan OPD bersama DPRD Kota Dumai.

"saya mengucapakan terima kasih kepada bapak/ibu yg hadir dalam acara ini, karna kita bisa bersama sama membahas OPD ini," tambahnya.

Meski menyambut baik kegiatan Forum OPD Kota Dumai ini, namun Ketua DPRD Dumai sangat menyayangkan sikap sejumlah kepala OPD yang terkesan menyepelekan rapat Forum OPD ini. Hal itu dapat dilihat dengan banyaknya kepala OPD yang tidak hadir dan terlambat hadir meski diakui panitia kalau rapat ini sudah dikoordinasikan sebelumnya.

"Acara ini merupakan acara yang sangat penting dan strategis karna acara ini membahas anggaran untuk kemajuan Kota Dumai kedepan, supaya pembangunan kota Dumai kedepan merata dan rakyat dapat merasakan kegunaan pembangunan itu. Saya juga mengharapkan Dana APBN dan APBD dapat di pergunakan dengan sebaik baiknya dan harus ditentukan mana yang harus di bangun dan tidak perlu di bangun," ujar Ketua DPRD Dumai Gusti Effendi.

Dikatakan politis PDIP ini kita juga mengharapkan visi misi Walikota Dumai dapat terlaksana dengan baik, dan harus mendukung visi isi Walikota Dumai. Dimana Visi Misi bapak Walikota adalah mensejahterakan masyarakat Dumai dan meningkatkan moralitas dan iman serta tagwa masyarakat Dumai.

Ketua DPRD Dumai Gusri Effendi kecewa karena minimnya undangan dalam kegiatan Forum OPD. Kegiatan ini, katanya sangat penting dalam mewujudkan usulan pembangunan dan penganggaran serta menciptakan pembangunan yang merata. Sebelum memulai sambutan ketua DPRD juga berharap kedepan kekurangan ini bisa diperbaiki.

”Kalau tidak ada lagi undangan, tutup pintu, agar tidak ada lagi yang lalu lalang,” tuturnya.

Forum PD ini sebagai media konsultasi publik dalam pelaksanaan pembangunan yang bersumber dari pendanaan yang sah.

Terkait dana perimbangan yang terus menurun, dan pendapatan daerah yang sangat kecil, untuk itu dia menyarankan kepada satker agar senantiasa meningkatkan loby-loby dana provinsi dan bankeu agar bisa membantu pembangunan di Dumai.

Dia juga meminta kepada satker agar menggali potensi PAD secara optimal, karena saat ini banyak yang belum tergarap secara maksimal.

“Saya berharap OPD terkait yang bisa mewujudkan visi dan misi walikota perlu didukung agar apapun program walikota dapat terwujud,” ujarnya. (Infotorial/Hms)

#Pemko Dumai

Index

Berita Lainnya

Index