Mudik ke Palembang, Ayo Mampir ke Rumah Limas di Uang Rp 10 Ribu Lama

Mudik ke Palembang, Ayo Mampir ke Rumah Limas di Uang Rp 10 Ribu Lama

PALEMBANG - Mudik ke Palembang, jangan lupa mampir ke Kompleks Museum Balaputra Dewa Palembang. Di sana traveler bisa melihat Rumah Limas yang ada di uang Rp 10 ribu lama.

Rumah Limas merupakan rumah tradisional khas Provinsi Sumatera Selatan. Dari namanya, pastinya rumah ini berbentuk limas. Bangunannya bertingkat-tingkat dan mempunyai filosofi budaya tersendiri untuk setiap tingkatnya.

Tingkat-tingkat ini disebut masyarakat sebagai bengkilas. Adat yang kental sangat mendasari pembangunan Rumah Limas. Tingkatan yang dimiliki rumah ini disertai dengan lima ruangan yang disebut dengan kekijing.

Hal ini menjadi simbol atas lima jenjang kehidupan bermasyarakat, yaitu usia, jenis, bakat, pangkat dan martabat. Detail setiap tingkatnya pun berbeda-beda.

Seperti yang dilansir detikcom, Ada satu hal yang menarik ketika berkunjung ke sini. Di dalam rumah limas terdapat Timbangan Cinta. Timbangan ini berbentuk timbangan yang dibalut kain songket berwana merah, kain khas Palembang. Digunakan saat ritual adat pernikahan di kalangan bangsawan Palembang.

Saat akad nikah mengantin pria duduk bersimpuh di depan salah satu sisi timbangan, sementara di sisi lain timbangan ada Al Quran.

Pengantin pria akan menaruh tangan di timbangan yang kosong dan perlahan menekannya ke bawah sampai seimbang dengan tinggi sisi yang ada Al Quran sambil bersumpah setia kepada mempelai wanita.

Tradisi ini bertahan di kalangan bangsawan Palembang. So sweet! Banyak adat budaya Palembang yang bisa dipelajari di sini. Tertarik? Mari berkunjung ke Museum Balaputra Dewa Palembang.

#Mudik Lebaran

Index

Berita Lainnya

Index