Tumpahan Stearin Nagamas, Wako Dumai Ajak Kawal Kasus Sampai Tuntas

Tumpahan Stearin Nagamas, Wako Dumai Ajak Kawal Kasus Sampai Tuntas

DUMAI (Wahanariau) - Walikota Dumai Zulkifli AS menyerahkan kasus tumpahan minyak jenis stearin milik PT Nagamas Palmoil Lestari hingga akhirnya menyebabkan pencemaran lingkungan ke aparat penegak hukum.

"Saya berharap kejadian ini tidak terulang. Mari kita kawal kasus ini dengan tuntas. Sebab kasus ini sudah ditangani aparat penegak hukum," katanya saat menghadiri pertemuan di Pelindo I Cabang Dumai, Selasa (1/8/2017).

Walikota Dumai juga mengapresiasi aksi yang dilakukan masayarakat Aksi Peduli Lingkungan, memperjuangkan kondisi daerahnya yang kerap tertimpa musimbah tumpahan minyak dalam beberapa hari belakangan ini.

"Siapa yang ingin tumpahan minyak ini terjadi. Tapi kita patut memberikan apresiasi kepada Aksi Peduli Lingkungan. Mudah-mudahan dengan adanya pertemuan ini mendapat solusi dan kejadian seperti ini tak berulang-ulang," tegasnya.

Disisi lain, Rahmad Wijaya, Orator I Aksi Peduli Lingkungan menjabarkan beberapa poin tentang kurang maksimal kinerja KSOP Dumai dan Pelindo Dumai, terhadap penanganan setiap insiden tumpahan minyak di laut Dumai.

"KSOP selaku regulator kami nilai belum bekerja secara maksimal. Masa ada tumpahan minyak pengambilannya saja menggunakan ember, tangguk ikan, apa seperti ini SOPnya," tegas Rahmad Wijaya.

Kemudian mengenai PT Pelindo I Cabang Dumai selaku pemilik kawasanan atau Operator, juga selalu lepas tangan dan membiarkan perusahaan industri setiap ada insiden tumpahan minyak di laut Dumai.

"Pelindo Dumai jangan lepas tanganlah, kita lihat alat sarana dan prasarana yang mandatory yang di syaratkan oleh regulasi juga tidak ada diberikan kepada pemilik kawasan," beber Rahmad dalam pertemuan itu. (Riauheadline)

#Pemko Dumai

Index

Berita Lainnya

Index