Peresmian Gedung Dekranasda

Walikota Dumai Ajak Dekranasda Berbenah Membangun Brand Image Produk Lokal

Walikota Dumai Ajak Dekranasda Berbenah Membangun Brand Image Produk Lokal

DUMAI (Wahanariau) - Gedung Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Kota Dumai yang terletak di Jalan Jendral Sudirman, Senin (14/8/17) diresmikan Ketua Dekranasda Riau, Sisilita Bong yang juga istri Gubernur Riau Arsyadjuliandi Rachman.

Ketua Dekranasda Dumai, Haslinar Zulkifli AS dalam sambutannya mengatakan bahwa potensi kerajinan tangan khas daerah bisa dikembangkan melalui wadah Dekranasda Kota Dumai. 

"Maka gedung ini tak cuma menjadi sekretariat, tapi menjadi galeri pameran kerajinan dengan produk unggulan. Sehingga gedung ini bisa mengoptimalkan pengembangan kerajinan khas Dumai," katanya.

BACA JUGA : Ini Suguhan Dekranasda Bengkalis Saat Ibu Negara Berkunjung ke Riau

Momen ini juga digelar bazar produk unggulan dari tujuh kecamatan yang ada di Dumai. Serta ajang memperkenalkan aneka kuliner khas Dumai, di antaranya Kripik Nenas, Krupuk Ubi Cabe, Bolu Kemojo dan Bubur Lambok. 

"Momen ini juga jadi ajang memperkenalkan produk dan kuliner khas Dumai. Maka dari itu saya berharap hasil dari tangan masyarakat Kota Dumai bisa tersalurkan," papar Haslinar.

Sedangkan Walikota Dumai, Zulkifli AS mengaku Dumai menjadi lokasi transit bagi para pelaku usaha. Sebab Dumai didukung keberadaan Terminal Penumpang Pelabuhan Pelindo Dumai, Terminal Bus AKAP Klakap Tujuh dan Bandara Pinang Kampai.  

BACA JUGA : TP PKK Inhil Canangkan Penyelenggaraan Jambore PKK

"Sehingga akses para pendatang dari luar Dumai semakin mudah. Maka Dumai semakin berbenah dalam membangun brand image produk lokal di Dumai. Serta mengemas produk lebih menarik dan bisa dipasarkan secara luas," jelasnya. 

Ditambahkannya, apalagi hingga kini masalah pemasaran produk lokal masih menjadi kendala. Padahal sejumlah produk lokal sudah ada seperti Kripik Nenas dan Kripik Ubi Cabe. 

"Namun masih perlu dibenahi dari segi pengemasan dan bisa dipasarkan lebih luas hingga keluar negeri. Sebab posisi Dumai cukup strategis untuk memasarkan produk lokal Dumai ke luar negeri, seperti ke Malaysia," katanya.

BACA JUGA : Ketua PKK Kota Dumai : BBGR Suatu Ajang Mengembalikan Nilai Sosial dan Budaya Masyarakat

Kemudian menganai untuk pemasaran, kata dia perlu dukungan dari berbagai pihak. Baik dari Pemerintah Provinsi Riau dan pihak swasta yang ada di Kota Pelabuhan dan Industri ini.

Turut hadir dalam acara ini, Hamdan Kamal (Plh Sekda Kota Dumai), Sisilita Arsyadjuliandi Rachman (Ketua Dekranasda Provinsi Riau), Haslinar Zulkifli AS (Ketua Dekranasda Dumai) dan Dewi Tunjung Sari Eko Suharjo (Ketua GOW Dumai). (Riauheadline)

Berita Lainnya

Index