Wawako Dumai Minta Perusahaan Permudah Peternak Dapatkan Bungkil Sawit untuk Pakan Ternak

Wawako Dumai Minta Perusahaan Permudah Peternak Dapatkan Bungkil Sawit untuk Pakan Ternak

DUMAI (Wahanariau) - Pemerintah Kota (Pemko) Dumai mendukung peternak mengadakan perternakan penggemukan sapi guna meningkatkan konsumsi daging sapi dan menambah asupan gizi untuk masyarakat di Kota Dumai.

Hal ini disampaikan Wakil Walikota Dumai, Eko Suharjo saat meninjau kandang peternak sapi di Jalan Daenk Tuegek, Purnama, Dumai Barat, Kamis (31/8/2017).

"Ini tentunya perlu peran serta masyarakat dan pihak lainnya untuk mendukung program peternakan penggemukan sapi," kata Wakil Walikota Dumai.

Selain itu, kata Eko, susahnya mendapatkan dan memperoleh pakan ternak, pemerintah berencana akan mengadakan pertemuan dengan perusahaan pengolahan kelapa sawit untuk mendukung peternak sapi untuk pengadaan peternakan penggemukan sapi.

Selanjutnya langkah ini juga diambil untuk membahas mekanisme dan menjalin kerjasama dengan perusahaan untuk membantu peternak sapi mendapatkan Bungkil dari limbah sawit sebagai pakan sapi.

"Untuk mensukseskan program ini tentunya membutuhkan asupan berprotein tinggi sebagai pakan sapi, salah satunya bungkil sawit yang berpotensi sebagai sumber gizi, kita berharap perusahaan memberikan kemudahan bagi perternak sapi untuk mendapatkan bungkil sawit sebagai asupan tambahan." pungkas Eko.

Plt Dinas Ketahanan Pangan, Pertanian dan Perkebunan, Hadiyono SHut mengatakan upaya peningkatan produksi ternak tidak cukup hanya dengan memberikan rumput alam saja, tetapi perlu adanya pakan tambahan.

Mahalnya harga pakan impor mendorong kita agar mampu memanfaatkan berbagai sumberdaya lokal sebagai sumber bahan pakan alternatif, terutama bahan baku sumber protein dan energi.

"Bahan baku dimaksud, diharapkan tersedia secara kontinyu, melimpah, murah, tidak bersaing dengan kebutuhan manusia, secara ekonomi menguntungkan, dan secara sosial dapat diterima masyarakat. Salah satu bahan pakan yang saat ini cukup potensial adalah produk samping perkebunan kelapa sawit yaitu Bungkil dari limbah sawit." ungkap Hadiyono.***(Isk)

#Pemko Dumai

Index

Berita Lainnya

Index