Indonesia Negara Yang Besar, Jokowi : Kita Bersatu Karena Memiliki Ideologi Pancasila

Indonesia Negara Yang Besar, Jokowi : Kita Bersatu Karena Memiliki Ideologi Pancasila
Presiden Jokowi saat melihat panen jagung dan menyerahkan SK Perhutanan Sosial di Desa Ngimbang, Tuban, Jawa Timur, Jumat (9/3/2018). (Foto: Humas/Agung)

TUBAN - Saat menyerahkan Surat Keputusan (SK) Perhutanan Sosial di Desa Ngimbang, Tuban, Jawa Timur, Jumat (9/3/2018), Presiden Joko Widodo (Jokowi) tidak lupa untuk mengingatkan bahwa Indonesia adalah negara yang besar.

Indonesia, lanjut Presiden, memiliki 714 suku, 1.100 lebih bahasa daerah, punya 17.000 pulau, dan 287 juta penduduk dari Sabang sampai Merauke, dari Pulau Miangas sampai Pulau Rote.

Dengan berbagai perbedaan tersebut, Presiden menitipkan untuk menjaga persatuan, kesatuan, persaudaraan, dan harus menyadari bahwa semua yang berbeda-beda suku adalah saudara sebangsa dan setanah air.

BACA : Serahkan SK Perhutanan Sosial, Jokowi : Kalau Tidak Ditanami, Awas...!

“Jangan sampai karena pilihan Presiden, karena pilihan Gubernur, karena pilihan Bupati, karena pilihan Wali kota kita menjadi pecah. Kita tidak saling menyapa apalagi sekarang ini banyak sekali yang menyebarkan kabar-kabar, fitnah, kabar bohong banyak di media sosial yang saling mencela saling, mencemooh, saling menjelekkan saling menyalahkan itu bukan norma-norma Indonesia itu bukan etika-etika yang kita miliki itu bukan tata krama yang kita miliki,” sambung Presiden.

Dalam kesempatan tersebut, Presiden juga mempersilakan untuk memilih pemimpin baik di daerah, kabupaten, kota, provinsi, maupun skala nasional. Ia menambahkan untuk memilih yang dianggap paling baik.

“Setelah itu rukun kembali, kita menjadi saudara kembali. Jangan sampai karena pemilihan gubernur, bupati, itu pesta demokrasi, pilihan politik. Jangan sampai nanti tidak saling menyapa antar tetangga tidak saling sapa antar kampung,” tandas Presiden.

BACA : Bukan Sekadar Dinikmati, Musik Harus Dijaga Keberadaannya

Berita Lainnya

Index