MITOS ATAU FAKTA

Keajaiban Air Panas 'Sembuhkan' Bumper Mobil Penyok

Keajaiban Air Panas 'Sembuhkan' Bumper Mobil Penyok

MOBIL - Bumper merupakan komponen yang sering rusak pada kendaraan. Posisinya yang di luar dan menonjol itu potensi mengalami benturan. 

Mobil-mobil modern umumnya sudah menggunakan bumper yang terbuat dari bahan fiber (serat) atau plastik. Ini dampak dari perkembangan zaman yang menuntut produsen mobil berinovasi menciptakan mobil lebih ringan. 

Selain bobot mobil berkurang, bumper yang terbuat dari bahan lentur itu juga diakui untuk meminimalisir cedera pejalan kaki yang mendapat benturan. Namun bumper berbahan plastik itu rentan rusak atau penyok. Untuk mengembalikan ke posisi semula, pemilik mobil bisa menggunakan air yang dipanaskan.

Menyiramkan air panas adalah cara alternatif yang dapat dilakukan sendiri tanpa harus membawa mobil ke bengkel.

BACA : Pria Ini Beli Motor Trail Secara Tunai Pakai Koin

"Selain dengan alat heater (pemanas), kita sebagai awam juga dapat menggunakan alat atau apapun untuk membuat bumper plastik kembali ke posisi semula dengan air yang dipanaskan," kata Kepala Bengkel Daihatsu Pangeran Jayakarta Dolf Valentino kepada CNNIndonesia.com.

Kendati bisa 'menyembuhkan' penyok pada bumper, namun penggunaan air panas tetap tidak sepenuhnya membuat tampilan bumper kembali seperti semula. Proses itu hanya sebatas alternatif untuk menekan harga perbaikan tanpa biaya.

Efek buruk dari air panas adalah potensi  merusak cat pada bumper mobil.

"Akan tetapi semuanya tidak akan kembali 100 persen seperti sediakala. Untuk merapikan akan ada proses lebih lanjut yang dilakukan di body repair (memakai alat khusus dan dipanaskan dan kemudian ditarik perlahan)," jelas Dolf.

BACA : Baru Motor Cross Listrik Ini Harganya Rp200 Jutaan

Yang membedakan menggunakan air panas dan alat khusus di bengkel resmi adalah hasilnya. Penggunaan air panas tidak semua jenis penyok pada bumper dapat diperbaiki.

"Cuma note-nya adalah bagian plastik bumper atau sebagainya jika dia penyok belum lama dan tidak terlalu parah atau kasarnya patah siku maka masih dapat dibantu dengan cara di atas (diperbaiki dengan alat khusus)," ujar dia.

Artinya air panas memperbaiki kasus bumper penyok adalah fakta, namun air 'ajaib' itu belum tentu membuat tampilan bumper kembali sempurna. Belum lagi masalah cat yang tergores. (cnn/cnn)

BACA : Harga Xpander Ini Lebih Mahal Dibanding Warna Lain

Berita Lainnya

Index