BPS Mencatat Harga Pertamax dan Pertalite Naik, Beras Malah Turun

BPS Mencatat Harga Pertamax dan Pertalite Naik, Beras Malah Turun
Kepala BPS Suhariyanto

JAKARTA - Badan Pusat Statistik (BPS) mencatatkan, ada sejumlah komoditas yang mengalami penurunan harga alias deflasi sehingga bisa menahan laju inflasi secara keseluruhan. Salah satunya adalah beras. Meski tercatat ada inflasi sebesar 0,20% di Maret 2018.

"Beberapa komoditas yang turun yang memberikan sumbangan deflasi, beras. Yaitu Maret harganya turun, andilnya 0,10%. Kedua adalah ikan segar andilnya 0,03%, kemudian beberapa sayuran yang andil 0,01%," kata Kepala BPS Suhariyanto dalam konferensi pers di kantor BPS, Senin (2/4/2018), dilansir detikFinance.

BACA JUGA : Jurus Baru Menkeu Sri Mulyani Indrawati Genjot Pajak

Penurunan harga kelompok barang tersebut berhasil menahan laju inflasi yang lebih dalam. Pasalnya, sejumlah komoditas lain tercatat mengalami kenaikan harga yang memberi sumbangan cukup besar pada inflasi Maret 2018.

Kelompok barang yang mengalami kenaikan di antaranya adalah jenis bumbu-bumbuan seperti bawang dan cabai merah.

"Ada yang dominan yaitu cabai merah dan bawang merah, dan cabai rawit, dan sayuran 0,01%," sebut dia.

BACA JUGA : Registrasi Tiga SIM Card untuk Satu NIK Rontokkan Usaha Konter Pulsa

Penyumbang inflasi lainnya adalah komoditas atau barang-barang yang harganya diatur pemerintah alias administered price. Salah satunya adalah BBM yang beberapa waktu lalu sempat mengalami kenaikan.

"Kalau administered price dengan inflasi 0,20% andilnya 0,05% yang kenaikan adalah pertamax dan pertalite," tandas dia. (dtk/dtk)

BACA JUGA : Indonesia Salah Satu dari Lima Negara Paling Bagus untuk Investasi

#Badan Pusat Statistik

Index

Berita Lainnya

Index