RSUD Arifin Achmad Ujicoba Anjungan Pendaftaran Mandiri

RSUD Arifin Achmad Ujicoba Anjungan Pendaftaran Mandiri

PEKANBARU - Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Arifin Achmad melakukan ujicoba sebuah inovasi baru dari sisi pelayanan. Inovasi tersebut adalah Anjungan Pendaftaran Mandiri (APM). 

"Dengan APM kita dapat memangkas antrean pasien dari sebelumnya 1-2 jam menjadi 5 menit," kata Dirut RSUD Arifin Ahmad dr Nuzelly Husnedi saat ujicoba APM yang dihadiri Ketua Dewan Pengawas RSUD Arifin Achmad Prof Mukhtar Ahmad, Ketua Komite Medik dr Suindra. 

Lebih lanjut diterangkan Nuzelly, ujicoba alat seperti mesin ATM dimaksudkan agar pelayanan pendaftaran lebih cepat dengan nama APM. Kedepan program inovasi akan dikembangkan sampai masyarakat bisa daftar ke rumah. 

"Ini sosialisasi awal sebagai ujicoba inovasi kita tahun ini. Tahun lalu kita pakai SMS, sekarang disiapkan dengan APM. Produk ini untuk memudahkan masyarakat bersempena HUT ke 42 RSUD yang jatuh hari ini," ujarnya. 

Saat ujicoba, pihaknya menggunakan empat mesin APM sekaligus. Kemudian dalam dua pekan ke depan, sebut Nuzelly, akan ditambah empat lagi sehingga menjadi delapan mesin.  

"Dengan adanya APM ini maka nanti berkas pasien akan diantar langsung ke Poliklinik dan mendapatkan nomor antrean hingga Medical Record yang sudah terpapar jelas. Dengan demikian waktu 1-2 jam bisa dipangkas jadi lima menit," tukasnya. 

"Inovasi APM seperti ini harus terus dilakukan RSUD Arifin Achmad sebagai bentuk pembenahan dalam pelayanan kesehatan masyarakat, dan memang harus dipercepat," timpal Ketua Dewan RSUD Arifin Achmad Prof Mukhtar Ahmad memberi saran.

[mcr/mcr]

#RSUD Arifin Achmad

Index

Berita Lainnya

Index