CSR Pertamina RU II Dumai

Rubah Sampah Menjadi Berkah dalam Bentuk Rupiah

Rubah Sampah Menjadi Berkah dalam Bentuk Rupiah

DUMAI – Pertamina RU II Dumai kembali menjalankan program CSR yaitu Program Pemberdayaan Masyarakat berbasis Bank Sampah Berlian di Kelurahan Jaya Mukti. 

Unit Manager Communication & CSR RU II, Muslim Dharmawan mengungkapkan sebagai unit bisnis dari BUMN yang memiliki kontribusi terhadap ketahanan energi nasional sebesar 18%, Pertamina memiliki kepedulian terhadap masyarakat sekitar yang diwujudkan dalam program-program CSR. Salah satunya adalah Pengembangan Bank Sampah yang menyentuh tiga pilar program CSR, yakni lingkungan, kesehatan, dan juga pemberdayaan ekonomi.

“Program ini merupakan solusi yang ditawarkan Pertamina untuk menjawab persoalan sampah yang kerap menjadi akar dari berbagai permasalahan lingkungan hingga kesehatan. Tak hanya itu, kami juga ingin merubah mindset masyarakat, bahwa sampah yang kerap dinilai sebagai barang tidak bernilai guna, jika dikelola dengan baik bisa membawa berkah dalam bentuk rupiah,” ungkap Muslim, Rabu kemarin.

Walikota Dumai, Zulkifli AS menyambut baik program CSR yang dijalankan Pertamina dan berharap program tersebut dapat memberikan kontrisbusi dalam menyelesaikan permasalahan sampah yang ada di Kota Dumai.

“Untuk diketahui jumlah sampah kota Dumai mencapai 160 ton per harinya. Apabila sampah tersebut tidak dikelola dengan baik akan menyebabkan berbagai permasalahan lingkungan dan kesehatan, salah satunya banjir yang saat ini kerap terjadi. Untuk itu kami mengapresiasi apa yang dijalankan Pertamina dalam membantu pemerintah menangani permasalahan sampah,” kata Zul As.

Ketua Kelompok Bank Sampah Berlian, Isnaini menyampaikan terima kasihnya kepada Pertamina yang telah memberikan bantuannya dalam mengembangkan kelompoknya tersebut.

“Kelompok Bank Sampah Berlian tidak akan mungkin bertahan tanpa adanya Pertamina yang memberikan bantuan bangunan bank sampah, sarana prasarana pengelolaan sampah seperti mesin pencacah, hingga pendampingan program secara berkelanjutan,” diakui Isnaini.

Muslim berharap program ini bisa mendapat animo positif dari masyarakat, sehingga banyak yang tertarik untuk menjadi nasabah Bank Sampah Berlian, khususnya dari Kelurahan Jaya Mukti.

“Semakin banyak masyarakat yang tertarik mengikuti program ini, tidak hanya lingkungan menjadi bersih dan sehat, tapi juga masyarakat bisa mendapatkan manfaat ekonomi dengan peningkatan pendapatan,” tutup Muslim.

(dcp/dcp)

#PT Kilang Pertamina Internasional

Index

Berita Lainnya

Index