Sekolah Adiwiyata Binaan CSR Pertamina RU II Dumai Luncurkan Ekstrakurikuler Sobat Bumi

Sekolah Adiwiyata Binaan CSR Pertamina RU II Dumai Luncurkan Ekstrakurikuler Sobat Bumi

DUMAI – MAN 1 Dumai yang merupakan Sekolah Adiwiyata Binaan CSR Pertamina RU II Dumai melakukan peresmian kegiatan ekstrakurikuler siswa cinta lingkungan bernama Sobat Bumi pada Jumat (2/11/2018).

Pada kesempatan yang sama, sekolah tersebut juga meresmikan beberapa sarana parasarana pembelajaran berbasis lingkungan seperti Laboratorium Pengelolaan Sampah dan Green House yang merupakan bantuan CSR Pertamina.

Unit Manager Communication & CSR RU II, Muslim Dharmawan mengungkapkan sebagai unit bisnis dari BUMN yang memiliki kontribusi terhadap ketahanan energi nasional sebesar 18%, Pertamina memiliki kepedulian terhadap masyarakat sekitar yang diwujudkan dalam program-program CSR. Salah satunya adalah program Pendampingan Sekolah Adiwiyata yang berkenaan pada pilar Pendidikan dan Lingkungan.

“Program ini bertujuan untuk menjaga dan memperbaiki kualitas lingkungan tempat kita tinggal, melalui aspek pendidikan dengan harapan mencetak generasi pelajar yang memiliki kecintaan terhadap lingkungan,” ungkap Muslim.

Setelah sebelumnya Pertamina memberikan pelatihan penyusunan kurikulum berbasis lingkungan untuk 50 guru, kali ini bantuan sarana dan prasarana penunjang pembelajaran lingkungan diserahterimakan kepada pihak sekolah.

“Bantuan yang kami berikan kali ini berupa Laboratorium Pengelolaan Sampah lengkap beserta Green House. Selain itu kami juga mendukung dengan dibentuknya suatu ekstrakurikuler siswa bernama Sobat Bumi sebagai wadah bagi para siswa secara partisipatif menumbuhkan nilai-nilai kecintaan pada lingkungan,” terang Muslim.

Kepala Sekolah MAN 1 Dumai, Januarizal menyampaikan terima kasihnya kepada Pertamina atas semua bantuan yang telah diberikan kepada sekolahnya.

“Tidak henti kami ucapkan terima kasih kepada Pertamina karena telah banyak bantuan yang diberikan kepada sekolah ini demi mencapai cita-cita sekolah ini untuk mencapai predikat Adiwiyata hingga tingkat nasional,” diakui Januarizal.

Muslim menambahkan MAN 1 Dumai merupakan salah satu sekolah adiwiyata terbaik di kota Dumai yang direkomendasikan oleh Dinas Lingkungan Hidup. Harapannya sekolah tersebut nantinya bisa menjadi percontohan bagi sekolah-sekolah lainnya dalam mencapai Sekolah Adiwiyata.

“Untuk itu kami ingin membantu pemerintah mendorong sekolah-sekolah di kota Dumai dalam meningkatkan taraf sekolahnya menjadi sekolah bertaraf lingkungan atau sekolah Adiwiyata,” tutup Muslim.

(dcp/dcp)

#PT Kilang Pertamina Internasional

Index

Berita Lainnya

Index