Ketua DPRD Inhil Yakinkan APMI KUA-PPAS Dimuat Rancangan Anggaran Bagi Petani Kelapa

Ketua DPRD Inhil Yakinkan APMI KUA-PPAS Dimuat Rancangan Anggaran Bagi Petani Kelapa
Ketua DPRD Kabupaten Inhil, H Dani M Nursalam berdialog dengan massa aksi APMI

TEMBILAHAN - Ketua DPRD Kabupaten Inhil, H Dani M Nursalam meyakinkan Aliansi Pemuda Mahasiswa Inhil (APMI) bahwa di dalam Kebijakan Umum Anggaran dan Prioritas Plafon Anggaran Sementara (KUA-PPAS) telah dimuat rancangan anggaran untuk kepentingan petani kelapa.

Rancangan anggaran tersebut dimuat untuk tujuan yang berkenaan dengan kegiatan edukasi, seperti pelatihan bagi para petani lokal dan pengembangan industri pengolahan kelapa menjadi produk turunan.

Pernyataan ini dikemukakan oleh Ketua DPRD Kabupaten Inhil, H Dani M Nursalam menyusul adanya aksi demonstrasi yang dilakukan oleh APMI dengan tuntutan alokasi dana APBD tahun anggaran 2019 untuk kepentingan masyarakat Inhil, terutama petani kelapa.

"Ada 32,7 miliar anggaran yang dialokasikan pada tahun anggaran 2019 untuk mengatasi persoalan perkelapaan ini," ungkap Ketua DPRD Inhil, H Dani M Nursalam seusai aksi demonstrasi yang dibarengi dengan diselenggarakannya forum dengar pendapat bersama APMI, Senin (19/11/2018) siang di Kantor DPRD Kabupaten Inhil, Tembilahan.

Menurut H Dani M Nursalam, alokasi dana APBD, khususnya pada sektor perkebunan kelapa tidak hanya diperuntukkan bagi hilir sektor semata, melainkan juga diimbangi untuk hulu sektor yang saat ini juga mendapat kendala.

"Ini bagian dari upaya Pemerintah untuk menyelamatkan perkebunan kelapa, bagaimana membangun tanggul, memperbaiki trio tata air. Ini juga perlu diperhatikan," pungkas H Dani M Nursalam.

Pada hilir sektor perkebunan kelapa, dikatakan H Dani M Nursalam, ketertarikan masyarakat petani kelapa di Kabupaten Inhil untuk menjual kelapa sebagai bahan baku kepada perusahaan juga menjadi masalah bagi stabilitas harga kelapa.

"Dengan adanya alokasi anggaran ini, kita masyarakat petani kelapa khususnya, diharapkan mampu mengolah kelapa menjadi bahan jadi ataupun bahan setengah jadi sehingga kedepan dapat memberikan titik terang untuk permasalahan harga kelapa yang menahun melalui industrialisasi," jelas H Dani M Nursalam.

Undangan Untuk APMI

Ketua DPRD Inhil, H Dani M Nursalam yang mendukung adanya gerakan Kawal APBD Inhil tersebut mengatakan, pihak DPRD Inhil akan menyampaikan undangan bagi APMI untuk turut hadir dalam pelaksanaan paripurna membahas APBD Inhil tahun 2019.

"Setelah ini Saya akan meminta Sekwan (Sekretaris DPRD, red) untuk mengundang adik - adik APMI menghadiri paripurna," tukas H Dani M Nursalam.

Namun, Dia mengharapkan pengertian dari APMI bahwa ada keterbatasan kapasitas ruang rapat. Maka itu, diimbau agar APMI hanya mengirimkan beberapa orang perwakilan dalam rapat paripurna anggaran. (Dex)

#Pemkab Inhil

Index

Berita Lainnya

Index